Bagikan:

JAKARTA - Empat tahun bungkam, Bobby iKON buka suara menyoal keluarnya B.I. atau Kim Han Bin dari grup mereka. Diketahui kini iKON berkarier dengan formasi enam member sementara B.I. bersolo karier.

Hari ini, Senin, 11 September, Bobby mengunggah bocoran single terbarunya melalui Instagram. Tidak sedikit penggemar yang bertanya soal B.I. atau hubungan B.I. dengan iKON setelah sang leader keluar dari grup.

Banyak yang merindukan kebersamaan mereka mengingat mereka juga sempat berkolaborasi dalam beberapa lagu. Bobby memutuskan untuk buka suara mengenai hal tersebut. Ia berkata, “Saya paham perasaan kalian karena dia (B.I.) adalah saudaraku.”

“Dia menunjukkan dan melakukan pengaruh buruk untuk generasi kita tapi tidak bisa menghentikan cinta saya untuk dia. Kalian tahu, dia tahu apa yang dia lakukan salah tapi jangan membuat ini semacam persaingan,” lanjut Bobby.

Bobby merasa B.I. layak mendapat kesempatan kedua karena dia adalah orang yang baik. Ia juga mengaku sempat kesal ketika tahu B.I. memilih keluar dari iKON dan meninggalkan mereka ketika sedang berada di puncak kepopuleran.

“Maksudnya, dia menelantarkan iKON atau saya atau Chanwoo, DK, Song, Jay, June. tapi setelah semua kebencian yang saya rasa untuk dia, dia membuat keputusan itu karena dia tidak ingin menjadi beban untuk iKON,” jelasnya.

“Saya memilih untuk memaafkan dia dan menunjukkan cinta untuk saudara saya. Saya tidak tahu apakah kita bisa kolaborasi tapi saya tetap cinta dia,” katanya.

Menurutnya, penggemar tidak perlu berkelahi untuk memihak kepada iKON dan B.I. karena semua orang memiliki jalan masing-masing. Hal ini menjadi respons Bobby kepada penggemar yang memilih OT7 yang bermakna iKON dengan 7 member dibandingkan iKON dengan 6 member.

“Dia memiliki hidupnya sendiri dan iKON punya ikonics untuk membuat mereka merasa cinta dan bahagia. Kami melakukan apa yang kami lakukan. Cinta adalah kunci untuk semua hal,” kata Bobby.

“Jangan buat OT7 atau OT6 atau lainnya. Saya tidak mencoba menjadi politis. Hanya ingin memberitahu kalian apa yang saya rasakan. Hentikan perkelahian ini,” katanya dalam kolom komentar.

B.I. memilih keluar dari iKON pada 12 Juni 2019. Ia terungkap sempat mencoba untuk membeli narkoba dari seseorang. YG Entertainment membantah karena mereka melakukan pemeriksaan urin setiap dua bulan.

Meski keluar, B.I. masih diberi kredit sebagai penulis untuk empat lagu dalam album mini IKON, I Decide yang dirilis tahun 2020. B.I. juga menjalani pemeriksaan dan dinyatakan negatif menggunakan narkoba, sebagaimana B.I. mengakui beberapa poin dari proses investigasi.

Nama Bobby menjadi trending topic setelah beberapa komentar itu ditulis di media sosialnya.

iKON kini terdiri dari enam member dan keluar dari YG Entertainment. Mereka juga mengadakan tur dunia ke beberapa kota, salah satunya Jakarta, pada 19 November 2023 di Tennis Indoor Senayan.

B.I. juga berencana merilis album baru bersaman dengan tur Eropa untuk Love or Die.