Tuai Pujian, Serial <i>One Piece</i> Cetak Rekor Memuaskan dari Netflix
Iñaki Godoy sebagai Luffy (Netflix)

Bagikan:

JAKARTA - Serial adaptasi seringkali mendapat respons negatif dari penggemar maupun penontonnya. Namun, hal itu tidak terjadi dalam serial One Piece yang dirilis Netflix pada Kamis, 31 Agustus kemarin.

Serial yang diadaptasi dari manga buatan Eiichiro Oda itu nampaknya menghancurkan ‘kutukan’ Netflix. Selain dipuji oleh para kritik, serial ini juga mendapat rating 81% dari si tomat segar, Rotten Tomatoes sesaat setelah serialnya dirilis.

Selain dari pihak kritikus, 94% audiens juga merasa puas dengan adaptasi ini. Respons itu berbeda ketika Netflix merilis Death Note atau Cowboy Bebop yang mendapat rating kurang dari 50% - menandakan serial itu tidak disambut baik oleh penggemar.

Kekhawatiran penggemar memang wajar terjadi. Pasalnya, manga One Piece memiliki 2000 bagian cerita sehingga tidak sedikit yang mempertanyakan bagaimana Netflix merangkum cerita menjadi serial dengan delapan episode.

Produksi One Piece yang membutuhkan enam tahun juga dilakukan berkat Eiichiro Oda, sang kreator yang perfeksionis terhadap karyanya. Dalam pernyataannya, Oda mengaku proses pengembangan itu sudah dilakukan sejak tahun 2016.

Pihak Netflix sepakat untuk menyesuaikan keinginan Oda dalam menciptakan adaptasi One Piece. Terungkap perubahan syuting juga dilakukan agar sesuai dengan perspektif Oda.

“Saya telah bekerja sama dengan Tomorrow Studios dan Netflix cukup lama. Meskipun mereka memahami karakternya, tetapi kami memiliki perbedaan budaya. Jadi berhubungan dengan hiburan, kami memiliki aturan, rangkaian keahlian, dan cita-cita yang berbeda,” kata Oda.

Tidak berhenti di situ, sejak One Piece dirilis, tagar serial ini terus berkumandang di media sosial bersamaan dengan beberapa nama karakter yang turut dibicarakan. Di antaranya adalah Luffy, Nami, serta Zoro.

One Piece menceritakan perjalanan Luffy mencari harta karun bersama teman-temannya. Serial One Piece yang menjadi perbincangan dibintangi Iñaki Godoy (Monkey D. Luffy) dan Mackenyu (Roronoa Zoro), Emily Rudd (Nami), Jacob Romero Gibson (Usopp), dan Taz Skylar (Sanji).

Di sisi lain, Netflix belum merespons apakah serial ini akan berlanjut ke musim kedua.