Malayahati Jadi Sosok Inspirasi Panggung Teater Jalasena Laksamana Malayahati
Poster teater Jalasena Laksamana Malahayati (Keana Film)

Bagikan:

JAKARTA - Malahayati yang merupakan sosok pahlawan nasional dari Aceh yang menjadi inspirasi dalam panggung teater Jalasena Laksamana Malahayati. Panggung teater ini dipersembahkan dalam rangka merayakan HUT ke-78 RI.

Diproduseri dan dibintangi Marcella Zalianty, teater Laksamana Malahayati diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat terkhusus membangkitkan Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia.

"Malahayati merupakan sosok penting dan menarik. Dialah satu-satunya sosok wanita dalam sejarah armada laut nusantara yang sangat berpengaruh dalam politik militer kerajaan Aceh Darusalam,” kata Marcella Zalianty dalam keterangan yang diterima.

“Malahayati hadir sebagai spirit perempuan yang merepresentasikan bukan lagi tanah yang menunggu dan menumbuhkannya, tetapi laut yang menyuarakan keberanian," katanya lagi.

Marcella Zalianty yang sangat mengagumi sosok Malahayati sudah mengadaptasi kisah ini dalam bentuk komik. Kali ini, ia mencoba mengadaptasi kisah Malahayati dalam bentuk teater dan berharap ke depannya bisa diadaptasi dalam format layar lebar.

Jay Soebiakto ditunjuk sebagai pengarah kreatif bersama dengan Iswadi Pratama sebagai sutradara. Selain itu, teater ini turut diperankan Arswendy Beningswara, Aulia Sarah, serta Cut Mini.

Teater ini juga melibatkan para pemain teater Koma, prajurit Kowal, korps Marinir serta perwira tinggi TNI AL.

Panggung teater Jalasena Laksamana Malahayati juga menghadirkan replika kapal perang berpadu dengan videomapping yang menjadi teater ini sangat dinantikan.

Adapun panggung teater Jalasena Laksamana Malahayati bisa disaksikan secara langsung pada 8-9 September 2023 di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta.