Rekomendasi Ahli, Begini 5 Cara Mengatasi Rasa Cemburu dalam Hubungan Berpasangan
Ilustrasi cara mengatasi rasa cemburu dalam hubungan berpasangan (Freepik/Drobotdean)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Meski ada positifnya karena bisa menggambarkan perhatian dalam hubungan berpasangan, tetapi kecemburuan bisa jadi ancaman kalau tak segera menemukan titik terang. Keccemburuan juga sebagai respons tidak aman dalam hubungan. Nah, kalau pasangan Anda tidak terbukti melakukan perilaku yang mengancam hubungan, lantas kenapa rasa cemburu tumbuh. Karena kecemburuan hanya berbasis kecurigaan, maka baiknya diatasi dengan cara berikut ini.

1. Mengenali diri sendiri dan ‘monster’ dalam diri

Sebelum Anda menggunakan semua teknik detektif untuk mencari bukti-bukti, cobalah renungkan saat-saat ketika rasa cemburu itu muncul. Kenali apa yang memprovokasi perasaan tersebut hadir. Cara ini dapat membantu mengetahui apakah perasaan cemburu berdasarkan intuisi kuat atau hanya monster kecemasan dan ketakutan akan kehilangan yang menyamar sebagai intuisi.

"Jika Anda jarang cemburu, insting Anda mungkin memiliki lebih banyak pembenaran daripada jika Anda cemburu secara kronis," jelas psikolog klinis Jill Squyres, Ph.D. yang berbasis di Colorado dan Texas.

cara mengatasi rasa cemburu dalam hubungan berpasangan
Ilustrasi cara mengatasi rasa cemburu dalam hubungan berpasangan (Freepik/wayhomestudio)

2. Berhenti berkonfrontasi

Alih-alih berkonfrontasi atau menyerang pasangan dengan senjata api, lebih baik katakan jujur bagaimana perasaan Anda. Menurut Squyres, membicarakan pasangan Anda pada pasangan adalah cara terbaik untuk menentukan apakah Anda memiliki sesuatu yang dikhawatirkan dan apa yang harus dilakukan. Cara ini juga memulai langkah dialog secara terbuka tentang apa yang mungkin memicu kecemburuan.

3. Tetapkan batasan yang sehat

Kecemburuan mencerminkan batasan yang tidak sehat. Batasan yang kaku, tidak memungkinkan kedekatan yang wajar dengan orang lain di luar hubungan. Ini berarti, kalau pasangan Anda secara wajar dekat dengan orang lain, bisa memupuk rasa cemburu kalau batasan yang terbangun terlalu kaku. Saran Squyres, bicarakan dengan pasangan tentang batasan yang tepat. Menetapkan dan menyepakati batasan, ini membuat hubungan tetap sehat dan mencegah cemburu tak berdasar tumbuh liar.

4. Melakukan aktivitas untuk diri sendiri

Cinta membuat seseorang melakukan hal ‘gila’, termasuk memelihara cemburu. Tetapi penting dipahami, cemburu bisa tumbuh karena rendahnya kepercayaan diri. Saran Squyres, lakukanlah aktivitas untuk diri sendiri yang mendorong kepercayaan diri Anda tumbuh. Dengan begitu, Anda membangun diri termasuk cinta dari teman atau keluarga yang mendukung Anda. Selanjutnya, semakin Anda percaya diri dengan pengalaman yang telah dilalui, maka kecemburuan yang Anda rasakan semakin sedikit.

5. Hindari membandingkan diri dengan orang lain

Terkadang, cemburu atau khawatir tumbuh dari membandingkan diri dengan orang lain. Ketika Anda melakukan ini, Anda tidak akan menyukai diri sendiri. Jadi, alih-alih mencela diri sendiri, lebih baik fokus pada kekuatan diri. Sarannya, luangkan waktu sejenak untuk membuat lima daftar hal positif yang Anda sukai tentang diri sendiri. Dengan begitu, Anda bisa mengingat kembali aspek positif yang menguatkan.

Itulah kelima cara mengatasi rasa cemburu dalam hubungan berpasangan. Penting diingat, cemburu bukan tanda cinta, maka dengan alasan apapun, cemburu perlu segera diatasi agar tak jadi bumerang untuk hubungan Anda.