5 Masalah Umum dalam Pernikahan dan Cara Menanganinya
Ilustrasi (Emma Bauso/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Pernikahan dapat menjadi tantangan bagi kebanyakan orang sebab ini tidak hanya melibatkan diri Anda sendiri, tapi juga orang lain. Masalah pernikahan setelah memiliki anak atau perubahan besar lainnya dapat menjadi tantangan untuk dihadapi dan dapat menimbulkan kebencian dan perasaan kecewa.

Ada banyak masalah umum dalam kehidupan pernikahan. Dan beberapa di antaranya dapat dihindari, diperbaiki, atau diselesaikan dengan menggunakan berbagai metode dan teknik. Bagi Anda yang akan atau baru menikah, berikut VOI bagikan info masalah umum pernikahan serta solusinya, melansir Marriage.com, Selasa, 28 Februari.

Perselingkuhan

Perselingkuhan adalah salah satu masalah pernikahan yang paling umum dalam hubungan. Data terbaru menunjukkan bahwa sekitar 20 persen pria yang diwawancarai mengaku berselingkuh dari pasangannya dibandingkan dengan 10 persen wanita. Perselingkuhan bisa terjadi saat koneksi antara Anda dan pasangan tidak kuat sehingga menyebabkan rusaknya kepercayaan. 

Penelitian mengungkapkan bahwa mempertahankan ikatan emosional yang kuat, keintiman seksual, dan menghormati batasan adalah tiga cara utama untuk memerangi perselingkuhan dalam pernikahan.

Perbedaan hasrat seksual

Keintiman fisik sangat diperlukan dalam pernikahan. Namun ini juga bisa jadi salah satu akar penyebab masalah yang umum terjadi. Perbedaan tingkat kepuasan dalam berhubungan seksual jadi alasan terjadinya cekcok rumah tangga. 

Solusinya, komunikasi dan menjaga pikiran terbuka adalah kunci untuk melewati segala bentuk ketidakcocokan seksual. Komunikasi dapat membangun kembali ikatan fisik dan emosional yang penting untuk perkembangan keintiman seksual.

Tahap kehidupan yang berbeda

Banyak pasangan lupa memikirkan tentang tahapan kehidupan saat membangun rumah tangga. Dalam beberapa kasus, masalah pernikahan terjadi karena kedua pasangan berada dalam tahap kehidupan yang berbeda. Misal, pihak pria sudah matang secara emosi sedangkan si wanita masih ada dalam fase berusaha mengontrol emosinya.

Hal-hal ini kerap terjadi antara pasangan menikah dengan perbedaan usia yang signifikan. Baik pria yang lebih tua dan wanita yang lebih muda atau wanita yang lebih tua dan pria yang lebih muda.

Untuk itu, perhatikan hubungan Anda secara teratur untuk memastikan bahwa Anda dan pasangan tumbuh bersama dan tidak tumbuh terpisah seiring waktu. Cobalah mencintai dan menerima berbagai perubahan yang dibawa kehidupan pada kalian secara individu maupun sebagai pasangan.

Stres

Stres adalah masalah pernikahan umum yang akan dihadapi sebagian besar pasangan setidaknya sekali dalam hubungan mereka. Banyak situasi yang berbeda dapat menyebabkan stres dalam hubungan termasuk keuangan, keluarga, mental, dan kesehatan.

Stres dalam suatu hubungan perlu ditangani karena jika tidak maka dapat menghancurkan hubungan tersebut. Anda dapat mencoba menyelesaikan masalah ini dengan berbicara jujur satu sama lain. Jika berbicara tidak membantu, Anda dapat mencoba melakukan hobi seperti yoga atau meditasi yang membantu Anda mengatasi stres dengan lebih baik.

Kecemburuan

Kecemburuan adalah masalah pernikahan umum lainnya yang menyebabkan pernikahan menjadi buruk. Berada bersama mereka dan di sekitar mereka bisa menjadi tantangan jika Anda memiliki pasangan yang terlalu cemburu.

Satu-satunya solusi adalah refleksi diri untuk mengatasi rasa tidak aman. Jika sulit melakukannya sendiri, Anda juga bisa meminta bantuan psikolog yang dapat membantu Anda atau pasangan memahami alasan kecemburuan Anda dan cara meminimalkannya.