Apa Itu Virtual Relationship? Inilah Beberapa Kelebihan dan Kekurangannya
Ilustrasi virtual relationship (Unsplash/Solusi Penjualan LinkedIn)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pacaran virtual sedang menjadi tren sejak beberapa waktu belakangan. Istilah ini mudah ditemukan di media sosial, baik itu Instagram, TikTok, Twitter, dan Facebook. Banyak yang bertanya-tanya apa itu virtual relationship atau pacaran virtual.

Pacaran virtual berkembang seiring semakin majunya teknologi digital. Banyak anak-anak muda yang menjalani hubungan secara virtual atau virtual relationship. Aktivitas ini diprediksi akan menjadi hal yang wajar dalam beberapa waktu ke depan. 

Apa Itu Virtual Relationship?

Virtual relationship atau pacaran virtual adalah hubungan percintaan yang dilakukan secara online atau lewat media digital. Bisa dikatakan bahwa virtual relationship sebenarnya mirip dengan long distance relationship (LDR). 

Berdasarkan urbandictionary.com, istilah pacaran virtual berasal dari frasa ‘virtual date’. Virtual date memiliki arti hubungan kencan yang dijalani menggunakan alat-alat virtual seperti smartphone dan laptop. Virtual relationship tidak mengedepankan pertemuan dan sentuhan fisik. Jadikan hubungan asmaranya dijalin lewat online, seperti berkirim chat, ngobrol telepon, hingga video call. 

Kelebihan Virtual Relationship

Pacaran virtual memiliki beberapa kelebihan, Itulah mengapa banyak anak muda sekarang mulai tertarik menjalani virtual relationship. Berikut sejumlah kelebihannya.

Hemat Biaya

Pacaran virtual sudah dipastikan hemat biaya karena tidak perlu melakukan pertemuan fisik. Jadi Anda tidak mengeluarkan biaya transportasi dan sejumlah aktivitas yang dilakukan pacaran pada umumnya, seperti makan bersama, nonton, vacation, dan lainnya. 

Dengan virtual relationship, keuangan anda bisa lebih hemat. Anda hanya butuh membeli paket data untuk bisa terkoneksi dengan internet. Aktivitas pacaran hanya dilakukan secara online seperti chatting hingga telepon. 

Tingkat Konflik Lebih Rendah

Pacaran virtual juga dapat mengurangi tingkat konflik atau pertengkaran. Virtual relationship cocok bagi Anda yang nggak mudah overthinking. Berbeda dengan orang pacaran yang sering melakukan pertemuan. Biasanya akan ada banyak hal yang memicu terjadinya konflik. 

Fleksibel dan Cocok bagi Orang Sibuk

Pacaran virtual bisa menjadi solusi bagi orang yang sibuk tapi tetap ingin menjalin hubungan percintaan. Virtual relationship tidak akan mengganggu kesibukan Anda karena pacaran dilakukan secara online. Anda bisa memulai percakapan di mana saja dan kapan saja cukup lewat smartphone. 

Berbeda dengan pacaran biasa yang mana terkadang mengganggu kesibukan Anda. Seperti harus pergi kencan, harus menjemput dan mengantar pasangan, makan bersama, dan lainnya. 

Kekurangan Virtual Relationship

Tentunya pacaran virtual juga memiliki sejumlah kekurangan. Apalagi bagi anda yang love language-nya physically touch. Anda pasti tidak betah dan nggak nyaman melakukan hubungan percintaan secara online terus-terusan. Berikut beberapa kekurangan pacaran virtual.

Rawan Perselingkuhan

Pacaran virtual rawan terhadap perselingkuhan. Hal ini memang wajar terjadi karena anda hanya bercengkrama dengan pasangan secara online. Anda hanya berhubungan lewat smartphone, baik itu berkirim chat, panggilan telepon, hingga video call. 

Saat menjalin virtual relationship, anda tidak bisa mengetahui apa saja aktivitas yang dilakukan oleh pasangan Anda. Anda tidak tahu dia sedang berada di mana, dengan siapa, dan melakukan apa. Kondisi ini memungkinkan pasangan melakukan perselingkuhan. 

Hubungan Membosankan

Pacaran virtual juga cenderung menimbulkan rasa kebosanan. Virtual relationship terbukti lebih membosankan dibanding pacaran biasa atau pertemuan fisik. Aktivitas yang bisa anda lakukan bersama pasangan sangat terbatas ketika pacaran virtual.

Berbeda saat menjalin pacaran biasan pada umumnya. Anda sering menghabiskan waktu dengan pasangan untuk melakukan aktivitas seru, seperti jalan-jalan, makan bersama, menonton film, dan lainnya. 

Kecil Kemungkinan Lanjut ke Jenjang Pernikahan

Kemungkinan Anda dan pasangan lanjut ke jenjang yang lebih serius sangatlah kecil ketika menjalin pacaran virtual. Kalaupun ada, hanya sedikit sekali pasangan virtual yang melanjutkan hubungannya hingga menikah. Bahkan saat menjalin virtual relationship, anda harus siap-siap untuk dighosting kapan saja. 

Demikianlah ulasan apa itu virtual relationship serta sejumlah keuntungan dan kelebihannya. Sebenarnya pacaran virtual mirip dengan LDR. Gaya pacaran ini sangat tidak cocok bagi Anda yang menyukai physically touch dan cenderung membosankan. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.