Dalam Hubungan Percintaan, Ini 7 Kesalahan yang Umum Dilakukan Tetapi Sulit Dimaafkan
Ilustrasi kesalahan yang sulit dimaafkan dalam hubungan percintaan (Freepik/Shurkin_son)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Mayoritas orang memahami bahwa setiap manusia membuat kesalahan. Dengan memaafkan maka kesalahan bisa diperbaiki ke depannya. Tetapi, ada kesalahan dalam hubungan percintaan yang umum dilakukan tetapi sulit dimaafkan.

Meskipun cinta bisa menguatkan, tetapi setelah pasangan melakukan kesalahan yang sulit dimaafkan ini, hubungan tak akan pernah sama. Berikut, kesalahan yang mungkin tidak akan pernah bisa dimaafkan.

1. Melakukan kekerasan fisik

Kekerasan tidak pernah ditoleransi, artinya jika sulit dimaafkan tidak akan salah. Melansir Bustle, Kamis, 6 Oktober, hubungan yang penuh kasih dan saling menghormati tidak pernah terjadi kekerasan fisik. Karena kekerasan fisik tidak hanya melukai secara fisik, tetapi juga berkaitan dengan kehidupan anak-anak. Kekerasan fisik menimbulkan trauma dan atau mengajarkan kekerasan pada anak tanpa disadari, ungkap pelatih hubungan Jessica Herndon.

2. Selingkuh

Beberapa pasangan, mungkin bisa memahami dan mampu memperbaiki hubungan setelah tersandung peristiwa perselingkuhan. Tetapi sering selingkuh dan bersikap tidak sopan, benar-benar tidak boleh dimaafkan, kata Vikki Ziegler, seorang pengacara, pakar hubungan, dan penulis The Pre-Marital Planner.

kesalahan yang sulit dimaaffkan dalam hubungan percintaan
Ilustrasi kesalahan yang sulit dimaafkan dalam hubungan percintaan (Freepik)

3. Terus-menerus berbohong

Berbohong adalah kecurangan yang mengikis rasa percaya. Kejujuran merupakan tonggak hubungan, karena tanpanya kepercayaan tidak akan terbangun. Apalagi kalau pasangan terus-menerus berbohong, ini merupakan sikap tidak hormat yang sulit untuk dimaafkan.

4. Pelecehan emosional

Sebagian besar kegagalan dalam hubungan romantis, atau hubungan secara keseluruhan, merupakan hasil dari kecerdasan emosional yang rendah. Ini muncul dalam bentuk reaksi emosional yang intens dan permusuhan selama pertengkaran. Menurut terapis hubungan Russ Palmer, ketidakmampuan seseorang untuk mengendalikan pemicu meningkatnya intensi emosi, maka dapat mengikis hubungan.

5. Tidak bertanggung jawab

Kesalahan yang sulit dimaafkan, umumnya dilakukan secara berulang-ulang. Seseorang yang tidak bertanggung jawab, khususnya pada keluarga atau pasangannya, akan sulit dimaafkan. Apalagi jika dilakukan tanpa penyesalan dan menunda memperbaiki kesalahannya.

6. Kecemburuan

Jika pasangan Anda menggoda secara terbuka dan Anda merasa cemburu, mungkin masuk akal. Tetapi jika pasangan cemburu sepanjang waktu dengan alasan yang tidak jelas, bisa berarti dalam hubungan yang toksik atau beracun. Karena hubungan didasarkan cinta dan kepercayaan, maka kecemburuan tanpa alasan justru melemahkan cinta serta kepercayaan.

7. Mengontrol pikiran dan tindakan

Jika pasangan Anda mencoba mengontrol pikiran dan tindakan Anda, itu menunjukkan kurangnya rasa hormat dan sikap yang berlebihan. Misalnya mengontrol lingkaran pertemanan Anda, ini artinya ia membatasi aspek sosial seseorang.

Pernahkan pasangan melakukan salah satu dari kesalahan yang sulit dimaafkan seperti di atas? Perpisahan mungkin berat, tetapi mengatasi kesehatan mental perlu dilakukan. Maka penting untuk mendapatkan support system dari orang terdekat atau profesional.