Sikap Kedewasaan yang Diperlukan Dalam Merajut Hubungan Asmara
Ilustrasi (Gabriel Bastelli/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Memiliki sikap dewasa sangat penting dalam hubungan percintaan. Pasalnya, bila Anda masih belum mengerti bagaimana bersikap untuk menjalani hubungan, tentu dapat memicu kandasnya hubungan dengan cepat.

Agar terhindar dari hal tersebut, berikut ini lima sikap dewasa yang wajib Anda dan pasangan miliki saat menjalani hubungan percintaan.

Tidak egois

Sifat dewasa pertama yang wajib dimiliki yakni tak egois. Jika Anda dan pasangan ingin memiliki hubungan langgeng, maka kalian berdua harus mengalahkan ego masing-masing. Jika ingin mencapai satu tujuan, sebaiknya lakukan komunikasi secara baik-baik dan tak menuruti ego sendiri.

Menghargai privasi pasangan

Walau menjalani hubungan bersama, tetap saja kalian adalah individu yang memiliki privasi masing-masing. Kalian harus saling menghargai privasi satu sama lain. Misalnya, tidak sering mengecek ponsel pasangan atau membiarkannya memiliki ‘me time’ dengan bermain bersama teman atau melakukan hobinya.

Menyelesaikan masalah dengan cepat

Masalah tidak akan pernah luput saat Anda menjalani sebuah hubungan. Seringkali masalah terjadi karena kesalahpahaman antara Anda dan pasangan. Saat sedang dirundung masalah, sebisa mungkin usahakan untuk segera menyelesaikannya. Jangan biarkan masalah berlarut-larut, bahkan hingga menjadi angin lalu. Komunikasikan dengan baik dan cari solusi secara bijak.

Berani melakukan perubahan

Sifat Dewasa Dalam Hubungan Percintaan (Gbr: Helena Lopes-Pexels)

 

Sikap dewasa yang wajib Anda miliki dalam hubungan yaitu berani melakukan perubahan. Dimana, Anda dan pasangan punya komitmen untuk berubah menjadi pribadi lebih baik. Hal ini bertujuan agar perjalanan hubungan kalian bisa lebih baik. Jika Anda dan pasangan menjadi pribadi bijak, tentu saja hal baik ini akan berdampak pada hubungan kalian, juga bukan?

Bertanggung jawab atas kesalahan

Baik sengaja ataupun tidak, Anda pasti pernah melakukan kesalahan saat menjalani hubungan. Tunjukkan sifat dewasa Anda dengan bertanggung jawab dan mau mengakui kesalahan tersebut.

Lalu, berusaha sedemikian rupa untuk memperbaikinya agar kesalahan itu tidak terjadi lagi. Jika ini berhasil diterapkan, maka Anda dan pasangan akan sama-sama tumbuh menjadi pribadi yang lebih dewasa.

Mau menghargai dan menghormati pasangan

Sikap dewasa terakhir yang wajib dimiliki pasangan dalam menjalin hubungan percintaan yaitu mau saling menghargai dan menghormati satu sama lain. Misalnya, menjadi pendengar yang baik dengan mau mendengarkan perspektif pasangan ketika sedang berantem atau menghadapi masalah.