Intip 5 Strategi Ampuh untuk Meningkatkan Kualitas Hubungan Asmara
Ilustrasi sepasang kekasih (Unsplash/Aldo Delara)

Bagikan:

JAKARTA – Hubungan asmara yang berkualitas kemungkinan besar jauh dari konflik berdua. Termasuk tidak punya kesempatan berpikir lirik sana-sini atau mengisyaratkan tanda-tanda perselingkuhan. Tenang, Anda punya cara dengan meningkatkan hubungan asmara.

Kelima cara di bawah ini dapat dilakukan, mulai dari yang sederhana hingga membutuhkan komitmen untuk melakukannya. Mau coba?

Buat pasangan merasa memiliki posisi penting

Cara pertama untuk meningkatkan kualitas hubungan asmara adalah dengan membuat pasangan merasa memiliki posisi penting dalam hidup Anda.

Misalnya, mengirimkan pesan berisi penyemangat ketika ia mengerjakan tugas penting. Atau Anda dapat memberikan berhatiak kecil seperti ‘bagaimana presentasimu?’.

Jalin kontak mata

Mata adalah jendela hati, kata petuah lama. Sangat sederhana bukan, menjalin kontak mata ketika sedang berbicara atau tanpa kata pun tatapan mata dapat mengisyaratkan rasa percaya. Kontak mata juga menunjukkan bahwa Anda dan pasangan tertarik untuk saling menautkan perasaan.

Saling terlibat menafsirkan situasi

Eli Finkel, seorang profesor psikologi di Northwestern merekomendasikan pasangan untuk melakukan perubahan kognitif atau cognitive reappraisal untuk mempertahankan kualitas hubungan asmara.

Cognitive reappraisal adalah menafsirkan setiap situasi yang berpotensi memicu dampak emosional tertentu. Menafsirkan situasi ini diperlukan untuk meregulasi emosi sehingga tumbuh perasaan saling memahami dan dapat melangkah berdua memecahkan masalah.

Tidak saling ketergantungan

Sebuah pepatah pernah mengatakan ‘cinta itu bukan kebutuhan, cinta datang saat Anda sudah settle dan tahu kemana arah tuju’. Dalam studi psikologi, pepatah itu sedikit menggambarkan tentang bagaimana kepercayaan diri berkaitan dengan relasi yang terbangun.

Anda tak perlu mengikuti tren makeup terbaru untuk membuat pasangan cinta Anda terpesona. Ya, walaupun tetap butuh menjaga penampilan, alasannya bukan untuk membuat orang lain jatuh cinta hingga sulit lupa tetapi untuk diri sendiri.

Anda juga tak perlu menghabiskan waktu tujuh hari kali dua puluh empat jam bersama pasangan. Mengutip dari anjuran ahli hubungan, menghabiskan waktu terpisah mungkin membantu membangun energi dan kegembiraan hubungan asmara.

Punya ritual ‘berdua saja’

Mulai dari punya panggilan sayang yang hanya diketahui Anda berdua hingga ritual yang dihabiskan berdua saja tanpa ada gangguan apapun dan dari siapapun. Ini penting dan sedikit membantu membangun chemistry.

Diluar lima poin di atas, memiliki sikap yang berpegang pada etik juga penting untuk meningkatkan kualitas hubungan asmara. Ketahui dimana batasan Anda memasuki hidup pasangan dan jangan lupa mengucapkan kata ajaib, seperti ‘maaf’, ‘tolong’, ‘terima kasih’,  dan ‘aku cinta kamu’