Hobi yang Bisa Jadi Investasi: Berikut Beberapa Contohnya
Hobi yang Bisa Jadi Investasi (Gambar Dariusz Sankowski - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Seiring dengan bertambahnya usia maka bertambahlah pula tanggung jawab yang harus kita selesaikan. Maka tak sedikit orang yang memiliki hobi intuk hiburan. Namun ada loh hobi yang bisa jadi investasi!

Professional gamer

Suka main games? Kalian dapat berkomitmen buat jadi profesional gamer. Permainan yang sebelumnya hanya buat ngisi waktu luang pula dapat menghasilkan duit yang cukup besar. Di luar negara, kompetisi game handal udah kerap diadakan serta banyak anak muda yang menekuni e- sports selaku profesi.

Rupanya, tren tersebut mulai geser ke Indonesia pula. Walaupun dapat dibilang masih jarang, tetapi profesi selaku seseorang gamer profesional sanggup dibilang lumayan menjanjikan. Bagi Kompas. com, di ranah global, pasar gaming Indonesia menempati urutan ke 16, loh! Sedangkan pemasukan dari 43, 7 juta gamers dunia yang tercatat menggapai US$879, 7 juta. Menarik kan?

Main saham ataupun investasi

Memperoleh keuntungan besar di umur muda memanglah menggiurkan. Tidak heran banyak milenial yang mulai suka main saham. Saham dinilai lebih instan dijalankan. Kamu

cuma perlu kerap belajar biar dapat hasilkan keuntungan besar. Tidak hanya saham, kalian pula dapat memilah Deposito Online dari#BankSinarmas yang tercantum investasi instan buat dijalankan. Kalian bisa

apply via aplikasi SimobiPlus dalam waktu pendek dengan penempatan dana mulai Rp500 ribu aja!

Kolektor benda vintage

Jika kalian termasuk anak muda yang suka koleksi benda ataupun tidak terencana memiliki sebagian benda vintage yang tidak sering dipunyai orang lain, itu tandanya kalian telah berinvestasi. Sebagian barang vintage ataupun jadul nantinya dapat jadi incaran para kolektor. Apalagi kemungkinan besar bila dijual lagi, biayanya dapat berkali- kali lipat dari yang kalian bayar dikala awal kali beli.

Melukis

Kalian suka melukis serta rela menghabiskan banyak waktu buat aktivitas ini? Saatnya

peruntukan hobi ini selaku bisnis! Terlebih sejak anjuran di rumah aja, banyak orang yang tertarik buat belajar ngelukis.

Selaku gambaran ide bisnis, kalian dapat jual DIY riasan lukisan dengan buat foto di kanvas serta buat penjelasan bimbingan metode mewarna foto tersebut. Siapkan pula cat serta kuas biar pembeli nantinya cuma lumayan melukis semua sesuai petunjuk yang terdapat.

Kalian dapat belanja perlengkapan melukis semacam kanvas, cat, serta kuas di Tokopedia. Belanja perlengkapan lukis di Tokopedia bayarnya instan hanya melalui SimobiPlus.

Fotografi ataupun Videografi

Memiliki hobi motret ataupun buat video estetik? Hobi kalian ini dapat diganti jadi ladang cuan loh! Kalian dapat buka jasa buat gambar ataupun video produk makanan, kerajinan, skincare, serta bahan- bahan lain dari UMKM( Usaha Kecil serta Menengah). Terdapat banyak UMKM yang perlu banget jasa ini buat ngebantu bisnis online mereka.

Tidak memiliki kamera mahal? Tenang, era saat ini fotografi/ videografi dapat dicoba hanya modal smartphone. Salah satu smartphone yang nawarin fitur mutahir dual kamera yakni Samsung Galaxy A01 Core. Kamera utama memiliki resolusi 13MP, kamera sekundernya 2MP, plus dapat hasilin dampak bokeh. Tidak harus beli, kalian dapat dapetin smartphone ini free dengan ikuti program Hip Hip Horai Bank Sinarmas aja!

Coding atau programming

Dari seluruh hobi di atas, dapat dibilang coding/ programming merupakan suatu yang susah di mata orang awam. Tetapi, buat kalian yang suka serta cinta sama bidang ini,

Kalian dapat buka jasa coding ataupun programming buat media, startup, ataupun bisnis. Misal, buat program kasir, membuat web, ataupun dapat pula buat kelas online eksklusif coding. 

Jadi setelah mengetahui hobi yang bisa jadi investasi, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!