Bagikan:

YOGYAKARTA - Engagement karyawan menjadi salah satu faktor yang berperan penting dalam kemajuan perusahaan atau bisnis. Di balik perusahaan-perusahaan sukses pastinya juga dipengaruhi oleh kinerja karyawan. Lantas apa itu engagement karyawan dan seberapa pentingnya?

Karyawan di sebuah company tidak semata-mata bekerja demi mencari gaji atau penghasilan bulanan. Kondisi karyawan di dalam sebuah perusahaan sangat berpengaruh pada produktivitas dan kualitas kerjanya. Sebuah riset “State of the Global Workplace” dari Gallup pada tahun 2022 menunjukkan bahwa hanya 24% pekerja di Asia Tenggara yang memiliki kinerja bagus. 

Perusahaan yang profesional pastinya akan selalu meningkatkan kenyamanan pekerja atau engagement karyawan untuk bisa mencapai visi dan misi. Apa itu engagement karyawan dan bagaimana cara meningkatkannya?

Apa Itu Engagement Karyawan?

Employee engagement bisa diartikan sebagai keterikatan karyawan dalam bekerja di suatu perusahaan. Employee engagement digunakan sebagai indikator atau tolak ukur untuk melihat hubungan karyawan dengan dengan perusahaan atau tempat kerjanya, baik secara kualitatif maupun kuantitatif. 

Engagement karyawan merupakan hal penting yang perlu diperhatikan oleh pemilik perusahaan. Karyawan yang memiliki keterikatan emosional yang positif dengan perusahaan umumnya dapat bekerja secara produktif dan loyal untuk bertahan dalam jangka waktu lama di perusahaan. 

Engagement karyawan terbentuk dari beberapa keterlibatan di dalam sebuah perusahaan, mulai dari ikatan dengan tanggung jawab pekerjaannya, hubungan dengan atasan atau bawahan, dan keakraban dengan rekan kerja. Jika aspek-aspek tersebut dapat terjalin dengan baik, maka karyawan akan merasa bangga dan memiliki loyalitas tinggi terhadap perusahaan. Hal itu tentunya sangat mendukung usaha perusahaan untuk maju dan mewujudkan visi dan misi. 

Cara Meningkatkan Engagement Karyawan

Ada beberapa tips atau langkah yang perlu dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan engagement karyawan. Keterikatan secara positif antara karyawan dengan perusahaan bisa dibangun melalui aturan yang fair, budaya kerja yang baik, dan kegiatan-kegiatan menarik. 

Berikut ini sejumlah cara meningkatkan engagement karyawan:

Memberikan Apresiasi Atas Kinerja Baik Karyawan

Apresiasi atau penghargaan atas kinerja baik karyawan merupakan salah satu bentuk perhatian dari perusahaan terhadap pekerjanya. Pemberian apresiasi dapat meningkatkan engagement karyawan sehingga dapat mendorong mereka jadi lebih produktif dan menjalankan tugas dengan baik. 

Perusahaan dapat mengapresiasi kontribusi positif karyawan melalui beberapa cara berikut ini:

  • Memberikan apresiasi atau pujian secara verbal atau melalui kata-kata, bisa itu disampaikan secara langsung atau melalui forum terbuka. 
  • Mengadakan acara rutin perusahaan untuk penyerahan penghargaan berbentuk insentif, kenaikan gaji, atau tunjangan khusus. 
  • Melakukan rapat secara 4 mata untuk membahas perbaikan kinerja apabila karyawan melakukan kesalahan dan perlu ditindaklanjuti. 

Menciptakan Ruang Komunikasi yang Intens dan Terbuka

Komunikasi yang baik perlu dibanguna dalam lingkungan perusahaan. Setiap lini atau posisi dalam perusahaan perlu memiliki komunikasi yang intens untuk meningkatkan kepercayaan sesama karyawan. Selain itu, atasan juga perlu menghadirkan ruang komunikasi yang terbuka bagi para pekerja. 

Ruang komunikasi yang intens dan terbuka dapat dibangun melalui langkah-langkah berikut ini:

  • Mengadakan rapat atau pertemuan rutin antara manajemen dengan karyawan untuk membahas topik yang relevan seputar pekerjaan dan kegiatan perusahaan. 
  • Menyediakan saluran komunikasi yang mudah diakses dan bersifat responsif. Adanya media komunikasi tersebut bertujuan supaya karyawan bisa mengajukan pendapat maupun usulan secara terbuka. 
  • Menyediakan formulir untuk meninjau survei kepuasan kerja yang perlu diisi oleh karyawan dan diberikan kepada manajer SDM. 

Menyediakan Kesempatan untuk Transformasi Diri

Perusahaan yang profesional akan selalu mendukung karyawannya untuk dapat berkembang atau upgrade diri. Perusahaan perlu memberikan kesempatan kepada karyawan untuk meningkatkan keterampilan maupun wawasannya dengan sejumlah langkah berikut ini:

  • Mengadakan pelatihan secara rutin bagi karyawan, baik yang dilakukan secara internal maupun memberikan kursus di luar perusahaan. 
  • Memberi tugas kepada karyawan untuk mengerjakan proyek-proyek yang menantang, sehingga bisa mendorong pekerja untuk berkembang dan berkontribusi kepada perusahaan. 
  • Menyediakan rencana atau jenjang karier yang jelas, mulai dari kesempatan promosi untuk jabatan lebih tinggi dan kenaikan gaji secara berkelanjutan. 

Demikianlah ulasan mengenai apa itu engagement karyawan dan cara meningkatkannya. Jika perusahaan ingin maju dan berhasil mencapai visi dan misi, maka harus menerapkan sejumlah tips di atas untuk meningkatkan engagement karyawan. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.