Inilah 5 Manfaat Senam Bagi Anak Usia Dini, Orang Tua Wajib Tahu!
Ilustrasi senam anak usia dini (Galina9237941221-Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Senam merupakan salah satu stimulasi kinetik yang harus diberikan orang tua untuk anak usia dini, mengapa demikian? Pasalnya, manfaat senam untuk anak usia dini akan memberikan dampak yang baik terhadap tumbuh kembang si kecil.

Salah satu manfaat senam bagi anak usia dini adalah dapat menstimulasi perkembangan kognitif anak. Dengan senam, perkembangan otak anak akan lebih  cepat, sehingga jenis olahraga ini perlu doperkenalkan sejak dini.

Selain menstimulasi perkembangan kognitif anak, berikut manfaat senam bagi anak usia dini yang lain, sebagaimana dirangkum VOI dari berbagai sumber.

Manfaat Senam Bagi Anak Usia Dini

  1. Meningkatkan koordinasi

Koordinasi anak usia dini akan semakin baik sejak mengikuti program latihan senam yang menyenangkan. Selain itu, senam juga dapat mengurangi kecerobohan anak. Sekaligus membuat mereka lebih gesit untuk olahraga lainnya.

  1. Meningkatkan Fleksibilitas

Manfaat senam untuk anak usia dini yang berikutnya adalah meningkatkan fleksibilitas. Jika fleksibilitas sang buah hati meningkat, maka risiko untuk mengalami cidera akan semakin rendah. Hal ini juga dapat membantu mendukung postur tubuh yang tepat seiring bertambahnya usia.

  1. Meningkatkan kemampuan berpikir

Dengan mengikuti program senam, anak secara tak langsung akan dilatih untuk berpikir kreatif atas masalah-masalah gerakannya.

Dengan begitu, mental anak akan ikut terlatih, terutama dalam hal melatih kemampuan problem solving atau menyelesaikan masalah.

Konsep diri yang positif juga akan semakin berkembang karena si kecil akan berusaha semaksimal mungkin untuk bergerak sesuai instruksi atau gerakan yang benar.

  1. Memperkuat otot

Gerakan senam pada anak terbukti dapat memperkuat otot punggung dan perut anak. Sehingga mereka yang telah terbiasa bergerak lincah ini tidak akan mudah cedera sejak dini saat melakukan aktifitas seperti melompat atau berlari.

  1. Merangsang motorik

Gerakan senam yang dilakukan si buah hati juga dapat merangsang sensor dan motorik menjadi lebih baik. Selain itu, suara dan musik yang mereka dengar saat senam akan mampu menstimulasi kemampuan audionya.

Bahkan ketika senam dilakukan di tempat yang penuh dengan lampu, maka lampu-lampu tersebut akan merangsang matanya. Hal ini membuat panca inderanya semakin terlatih.

Demikian informasi tentang manfaat senam bagi anak usia dini. Untuk mendapatkan berita menarik lainnya, baca terus VOI.ID.