Cara Menurunkan Kolesterol Setelah Makan Opor yang Beberapa Kali Dihangatkan
Ilustrasi opor ayam (Amallia Eka-Pexels).

Bagikan:

YOGYAKARTA – Lebaran sangat identik dengan opor atau sajian makanan dengan santan pekat yang jika dikonsumsi secara berlebihan mampu memicu kenaikan kolesterol dalam tubuh. Untuk mengantisipasi hal tersebut, alangkah baiknya menetahui cara  menurunkan kolesterol setelah makan opor.

Cara Menurunkan Kolesterol Setelah Makan Opor

Harus diketahui bahwa opor adalah salah satu makanan khas Lebaran yang mampu memicu kenaikan kolesterol. Saat Anda mengonsumsi sepiring opor ayam (246 gr) maka diperkirakan 392 kalori masuk ke dalam tubuh. Jika jumlah kalori terus menumpuk maka masalah kesehatan akan muncul.

Harus diketahui pula bahwa opor ayam menjadi tidak sehat setelah makanan tersebut dipanaskan beberapa kali hingga mendidih. Proses pemansan ini yang mampu mengubah asam lemak jadi lemak jenuh si pemicu kolesterol.

Efek makan opor tinggi lemak jenuh adalah munculnya gangguan kesehatan jantung, penyumbatan pembuluh darah, hingga stroke. Untuk meminimalisir gangguan kesehatan setelah makan opor, Anda bisa memperhatikan beberapa cara berikut ini.

  1. Makan Buah dan Sayur

Untuk mencegah kolesterol meroket saat Lebaran, Anda disarankan untuk banyak mengonsumsi buah dan sayur. Makan tinggi serat tersebut mampu menahan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu makanan berserat berdampak pada efek kenyang lebih lama sehingga Anda tidak mudah lapar dan tak makan opor terlalu berlebihan.

Anda bisa mengonsumsi beberapa sayuran seperti wortel, kentang, buncis, seledri, dan sebagainya. Penambahan sayuran tersebut pada menu kuliner Lebaran juga akan membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Sedangkan untuk buah Anda bisa mengonsumsi tomat, apel, jambu, dan sebagainya.

  1. Olahraga

Kebiasaan olahraga sangat baik untuk kesehatan tubuh khususnya jika Anda sedang banyak mengonsumi makanan yang kurang sehat. Olahraga secara teratur dapat memicu keluarnya enzim yang berperan mengusir kolesterol jahat dalam darah. Saat tubuh mendapat banyak lemak, olahraga mampu menjadi cara ampuh membakar lemak tersebut.

  1. Konsumsi Plant Stanol Ester

Plant stanol ester adalah pangan yang terbuat dari bahan makanan sumber nabati seperti gandum, biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan. Mengonsumsi makanan ini mampu mencegah kenaikan kolesterol dalam tubuh. National Cholesterol Education Program Adult Treatment Panel III (NCEP ATP III) menganjurkan agar masyarakat mengonsumsi plant stanol ester sebanyak 2 gram per hari.

  1. Makan Timun

Anda bisa secara khusus mengonsumsi mentimun segar. Pasalnya mentimun mengandung serat larut alami atau pektin. Serat tersebut mampu membantu tubuh menurunkan kolesterol jahat. Anda bisa mengonsumsi timun dengan cara dijus atau dimakan secara langsung sebagai lalapan.

  1. Banyak Minum Air Putih

Sebulan selama puasa biasanya masyarakat lebih banyak mengonsumsi minuman bergula dibanding air putih. Buruknya lagi, kebiasaan minum air bergula berlanjut hingga Lebaran. Untuk menghindari gangguan kesehatan, perbanyak minum air putih. Pilih air putih segar dibanding air es sirup atau minuman yang mengandung gula dan soda.

  1. Perbanyak Omega-3

Asam lemak omega-3 mampu membantu menurunkan jahat dalam tubuh. Selain itu omega-3 mampu mengurangi tekanan darah. Beberapa makanan yang mengandung zat ini adalah daging ikan salmon, mackerel, herring, kenari, dan biji rami.

Itulah beberapa cara menurunkan kolesterol setelah makan opor. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.