Usia Berapa Anak Remaja Diperbolehkan Pacaran? Orang Tua Wajib Tahu
Ilustrasi (RDNE Stok Project/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Usia dimana remaja mulai mengembangkan ketertarikan romantis pada lawan jenis sangat bervariasi dari satu anak ke anak lainnya. Beberapa anak mungkin mulai menunjukkan minat memiliki pacar sejak usia 10 tahun. Sementara lainnya bisa di usia 12 atau 13 tahun.

Kunci bagi orang tua adalah selalu mengingat bahwa usia 12 tahun merupakan masa transisi. Dimana anak tidak hanya menjadi dewasa secara fisik, emosional, dan sosial, tapi mereka juga mulai mengembangkan minat diri. Jadi ketika anak mulai mengeksplorasi apa minat mereka, wajar jika timbul keinginan berkencan.

Sebagai orang tua yang memiliki anak remaja sudah mulai berkencan, tak perlu khawatir berlebih. Kencan anak usia remaja tidak sama dengan kencan usia dewasa. Biasanya, hubungan romantis yang terjalin di masa ini tidak akan bertahan lama sebab anak masih dalam fase memilah-milih apa yang disukai dan tidak.

Namun, Anda mungkin masih bertanya-tanya bagaimana cara menavigasi fase baru ini. Dari kisah cinta pertama hingga perpisahan pertama. Inilah hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang ketertarikan romantis pada anak remaja.

Anak-anak akan mencapai tingkat kedewasaan untuk berkencan pada usia berbeda. Selama pubertas, anak remaja dapat mengembangkan minat romantis. Namun, bisa jadi mereka menghadapi tekanan dari teman sebaya. Sehingga mungkin keinginan berkencan hanya sebagai cara pembuktian diri kepada teman sebayanya, bukan untuk kepentingan sendiri. Cobalah menilai poin unik perkembangan anak saat Anda memutuskan apakah akan mengizinkan mereka berkencan.

Memperkenalkan kata ‘kencan’ pada anak bisa dimulai dengan mendefinisikan apa itu kencan serta usia berapa mereka mulai berkencan. Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), dilansir dari Very Well Family, Rabu, 2 Agustus, anak perempuan umumnya mulai berkencan pada usia 12 setengah tahun dan anak laki-laki biasanya mulai berkencan pada usia 13 setengah tahun.

Alih-alih ngedate dua-duaan seperti yang dilakukan orang dewasa, sebagian besar remaja pergi berkencan secara kelompok atau beramai-ramai. Misal, pergi ke bioskop, mal, taman, pantai, atau tempat serupa lainnya bersama teman dan juga pacar. Lantas, pada usia berapakah anak Anda boleh melakukan one-on-one dating? Sebagai aturan umum, AAP menyarankan agar para remaja tetap melakukan kencan berkelompok dan bahwa kencan berdua hanya diperuntukkan bagi dewasa yang berusia minimal 16 tahun.

Tentu saja, sebagai orang tua, Anda harus mempertimbangkan tingkat kedewasaan anak juga. Beberapa remaja mungkin cukup dewasa dan bertanggung jawab untuk masuk ke dalam dunia romansa lebih cepat. Sementara yang lain mungkin membutuhkan lebih banyak waktu.