7 Manfaat Senam Lantai untuk Anak dan Orang Tua, Jaga Kesehatan Fisik dan Mental
Ilustrasi manfaat senam lantai (Unsplash/@mister_a)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Senam lantai termasuk ke dalam olahraga gimnastik atau melibatkan berbagai gerakan dasar. Senam lantai sudah dikenalkan sejak usia anak-anak. Manfaat senam lantai sangat banyak baik untuk kesehatan fisik maupun kesehatan mental. 

Senam lantai digunakan sebagai salah satu aktivitas untuk menjaga kebugaran tubuh. Orang yang rutin melakukan senam lantai lebih rentan terkena penyakit karena tubuhnya lebih sehat. Olahraga ini bisa dilakukan oleh siapa saja, mulai dari anak-anak sampai orang tua. 

Olahraga senam lantai mudah dan bisa dilakukan di tempat manapun, misalkan di rumah. Anda bisa melakukan olahraga ini tanpa memerlukan peralatan yang ribet. Cukup siapkan matras atau alas untuk senam lantai, dan ruangan yang cukup untuk kamu melakukan gerakan senam.

Manfaat Senam Lantai untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Gerakan senam lantai tidak membutuhkan teknik-teknik yang sulit. Gerakan yang bisa anda coba untuk senam lantai, di antaranya kayang, sikap lilin, headstand, roll depan, roll belakang, hingga handstand. 

Meskipun terkesan sederhana, ada banyak manfaat senam lantai yang baik untuk tubuh anda. Berikut beragam manfaatnya.

Menjaga Kesehatan Tulang

Salah satu manfaat senam lantai adalah dapat menjaga kesehatan tulang anda. Gerakan-gerakan dalam senam lantai melibatkan kekuatan otot dan tulang. Saat anda melakukan senam lantai, tulang dan otot akan bekerja dan berkontraksi. 

Senam lantai yang dilakukan sejak usia dini atau anak-anak akan memberikan stimulus pertumbuhan tulang dan meningkatkan kekuatan tulang secara maksimalnya. Selain itu, olahraga ini juga membantu mengurangi risiko terkena penyakit osteoporosisi.

Meningkatkan Kekuatan Otot

Menyambung manfaat yang pertama, senam lantai juga dapat meningkatkan kekuatan otot anda. Gerakan senam lantai membuat hampir seluruh otot pada tubuh bekerja. Contohnya gerakan senam lantai yang menguatkan otot kaki dan lengan yakni melakukani roll depan, kayang, handstand, atau sikap lilin.

Saat anda melakukan push-up atau sit-up, otot perut punggung, dan kaki akan terlibat bekerja. Sementara itu, sikap gerakan kayang, sikap lilin, dan handstand akan melatih otot bokong dan betis.

Meningkatkan Fleksibiltas Tubuh

Senam lantai juga bermanfaat untuk meningkatkan fleksibiltas tubuh. Fleksibiltas tubuh yang bagus akan membuat anda memiliki kelenturan, keseimbanga, dan kekuatan yang maksimal. 

Saat anda melakukan senam lantai, otot pada tubuh akan meningkat lebih kencang serta lentur dibandingkan olahraga lainnya. Tubuh yang fleksibel akan membantu anda terhindar dari risiko cedera, nyeri, atau gampang kelelahan. .

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Melakukan senam lantai juga membantu menjaga daya tahan tubuh. Senam lantai berfungsi seperti latihan kardiovaskular yang dapat meningkatkan imun tubuh anda. Dengan ini, tubuh anda akan lebih sehat sehingga terhindar dari potensi terkena penyakit. .

Sebuah penelitian mengatakan, senam lantai secara rutin dapat mengurnagi risiko terkena penyakit jantung, diabetes, obesitas, hingga kanker.

Membakar Kalori

Senam lantai cocok bagi anda yang ingin mengurangi berat badan dengan membakar kalori. Gerakan-gerakan dalam senam lantai membantu membakar kalori di dalam tubuh. Saat anda senam lantai, tak hanya otot dan tulang yang bekerja. Namun detak jantung pun juga berkontraksi. 

Meningkatkan Konsentrasi

Manfaat senam lantai lainnya tidak hanya pada fisik dan mental, tapi juga pikiran. Senam lantai dapat membantu meningkatkan konsentrasi anda. Saat anda melakukan olahraga ini, fokus anda juga bekerja sehingga akan meningkatkan konsentrasi anda. Dengan ini, fungsi kognitif dan daya ingat pun juga meningkat.

Mengatasi Depresi

Manfaat senam lantai selanjutnya adalah dapat mengatasi depresi. Senam lantai bisa digunakan sebagai media untuk melepaskan emosi dan pikiran negatif. Saat melakukan olahraga senam lantai, secara tidak langsung membantu anda melampiaskan beban mental dan pikiran.

Hormon endorfin yang dihasilkan saat senam lantai bagus untuk menjaga kesehatan mental anda. Hormon ini membantu mengurangi rasa sakit dan tingkat stres.

Itulah berbagai manfaat senam lantai yang bisa anda dapatkan. Senam lantai menjadi aktivitas sederhana yang baik untuk kesehatan fisik dan mental. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.