Untuk Memperbaiki Postur Tubuh, Lakukan 9 Tips Ini
Ilustrasi tips dan cara memperbaiki postur tubuh (Freepik/8photo)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Postur tubuh erat kaitannya dengan kebiasaan sehari-hari. Termasuk bagaimana Anda duduk atau kebiasaan lainnya terkait dengan durasi di depan layar. Apabila Anda memiliki postur membungkuk, bisa mencoba tips berikut di bawah ini.

1. Hindari jadi pemalas

Bergerak aktif membantu memberi tekanan pada tulang belakang Anda. Dengan memberi tekanan, otot, dan persendian, membantu tulang punggung aktif dan sesuai pada tempatnya. Tetapi kalau malas bergerak, tidak hanya buruk bagi punggung Anda. Namun juga kemerosotan pada organ dalam yang membuat usus dan paru-paru lebih sulit bekerja. Seiring waktu ini membuat tubuh sulit mencerna makanan dan cukup udara saat bernapas.

2. Berdiri tegak

Cara yang bagus untuk mencegah masalah postur tubuh adalah dengan berdiri tegak. Anda akan merasa lebih baik dan terlihat lebih ramping dengan posisi ini. Cobalah dengan berdiri di dinding dan berdiri tegak. Biasakan postur ini, mulai dari berdiri dengan bahu ke belakang, lutut lurus, dan perut ditekuk. Jangan biarkan bokong dan pinggul Anda menonjol, luruskan kepala sehingga Anda merasa kepala terentang ke langit.

memperbaiki postur tubuh
Ilustrasi tips dan cara memperbaiki postur tubuh (Freepik)

3. Jangan duduk membungkuk

Duduk membungkuk mungkin nyaman, bahkan dengan sedikit bersandar dan melengkung. Tetapi postur ini buruk. Maka cobalah membetulkan posisi dengan duduk lurus di kursi. Tempatkan handuk kecil digulung atau guling kecil untuk belakang punggung tengah untuk mengurangi bungkuk. Tekuk lutut pada sudut kanan dan kiri, pertahankan pinggul lebih tinggi, dan telapak kaki rata lantai.

4. Meregangkan leher

Berjam-jam melihat ponsel Anda membuat otot leher tegang. Maka luangkan waktu sebentar untuk meregangkan leher. Saat Anda menundukkan kepala melihat gawai, selama sehari hingga setahun, bisa membuat ketegangan tulang punggung bertambah. Untuk postur yang lebih baik, angkat ponsel dan gerakkan mata, bukan kepala.

5. Duduk tegak dalam kendaraan

Duduk di kendaraan, apalagi merebahkan punggung dalam perjalanan jauh, tidak bagus untuk postur tubuh Anda. Melansir WebMD, Selasa, 9 Mei, pertimbangkan untuk duduk lebih tegak. Cobalah untuk tidak mengunci kaki, tekuk lutut sedikit, dan pasang penopang pada tengkuk Anda.

memperbaiki postur tubuh
Ilustrasi tips dan cara memperbaiki postur tubuh (Freepik/svetlanasokolova)

6. Hindari terlalu lama mengenakan stiletto

Sepatu hak tinggi, lancip, dan wedges, bisa mendorong pangkal tulang belakang ke depan dan membuat punggung melengkung. Itu bisa mengubah tulang punggung Anda dan memberikan tekanan pada saraf yang pada akhirnya membuat sakit punggung. Maka pilih sepatu dengan bagian tumit lebih rendah dan tebal untuk dipakai sehari-hari.

7. Pakai bantal dan alas tidur yang pas

Hindari memakai kasur yang terlalu empuk dan kendor. Hindari pula bantal yang terlalu tebal. Lebih baik ketika tidur telentang memakai bantal lebih kecil dan ketika tidur menyamping, hindari memeluk bantal dan posisikan di bawah kepala sehingga sejajar dengan tulang belakang Anda.

8. Kencangkan perut

Terlalu banyak lipatan sekitar perut menambah tekanan pada punggung Anda. Anda membutuhkan otot yang kuat untuk menopang tulang belakang. Ini berarti, perlu olahraga untuk menjaga tubuh dan tulang belakang dalam kondisi selalu prima.

9. Periksa postur dengan langkah sederhana

Anda mungkin perlu tahu apakah bungkuk atau tidak. Jika tak yakin, cara tepat untuk mengetahuinya dengan menempatkan bagian belakang kepala di dinding. Gerakkan kaki sejauh 8 inchi dari dinding bawah, bokong menyentuh dinding, punggung bawah dan leher berjaran sektiar 2 inchi dari dinding. Jika sulit mengambil postur ini, penting untuk membicarakan dengan dokter Anda supaya mendapatkan diagnosis dan saran terbaik untuk memperbaiki postur tubuh.