4 Cara Mengatasi Perasaan Tidak Cukup Baik
Ilustrasi (Cottonbro/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Kita semua pernah merasa "tidak cukup baik" di beberapa aspek kehidupan. Mungkin Anda pernah merasa tidak akan pernah lulus ujian, mendapatkan pasangan yang baik, atau naik jabatan di perusahaan.

Padahal, penting bagi Anda untuk menantang pikiran-pikiran ini karena jika Anda memikirkannya terlalu lama, itu dapat berubah menjadi keyakinan yang berlebihan dan berdampak negatif pada harga diri.

Berikut adalah empat pertanyaan yang dapat Anda tanyakan pada diri sendiri saat Anda merasa tidak cukup baik, melansir PsychCentral, Selasa, 18 April.

Bukti apa yang Anda miliki bahwa Anda tidak cukup baik?

Seringkali pikiran negatif didasarkan pada perasaan daripada bukti. Dan saat Anda meluangkan waktu untuk memeriksa faktanya, Anda menyadari bahwa Anda jauh lebih mampu daripada yang dikira.

Anda bahkan mungkin memiliki "impostor syndrome", sebuah fenomena psikologis yang menyebabkan Anda meragukan pencapaian diri sendiri. Orang dengan impostor syndrom percaya kesuksesan mereka adalah karena keberuntungan atau faktor eksternal lainnya daripada kemampuan diri sendiri. Ingatkan diri bahwa Anda telah bekerja keras untuk mencapai tujuan hidup saat ini.

Apakah Anda membandingkan diri sendiri dengan orang lain secara tidak adil?

Terkadang kita merasa kita tidak cukup baik karena kita membandingkan diri dengan orang lain yang berada dalam keadaan yang berbeda. Kita mungkin juga membandingkan kelemahan sendiri dengan kekuatan orang lain. Penting untuk diingat bahwa setiap orang memiliki perjalanan uniknya sendiri.

Apa kelebihan dan pencapaian Anda?

Berfokus pada kekuatan dan pencapaian dapat membantu Anda merasa lebih percaya diri dan mampu. Luangkan waktu untuk mencatat pencapaian dan kualitas positif Anda.

Daftar ini tidak harus menyertakan penghargaan nyata seperti trofi — meskipun pasti bisa. Anda juga dapat memasukkan kualitas positif yang Anda miliki, seperti selalu melakukan yang terbaik atau bersikap baik kepada hewan.

Apa hal terburuk yang bisa terjadi jika Anda tidak sempurna?

Seringkali, kita terlalu memaksakan diri untuk menjadi sempurna, tetapi ini bisa jadi tidak realistis dan tidak membantu. Anda bahkan mungkin menderita atelophobia, ketakutan obsesif akan ketidaksempurnaan.

Akan sangat membantu untuk bertanya pada diri sendiri apa skenario terburuk jika Anda tidak sempurna, dan Anda mungkin akan menemukan bahwa itu tidak seburuk yang Anda bayangkan. Faktanya, membuat kesalahan adalah cara kita belajar dan tumbuh.