Agar Bebas Kuman dan Bakteri, Ini Cara Mudah Membersihkan Talenan Kayu
Ilustrasi (Sarah Chai/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Talenan kayu, selain sebagai wadah unik dan estetik menyajikan charcuterie atau potongan daging, juga merupakan salah satu peralatan dapur yang penting. Namun, untuk merawat talenan kayu butuh pengetahuan tentang cara membersihkannya dengan benar. Dengan perawatan maksimal, talenan kayu akan berfungsi baik sebagai wadah memotong atau mengiris bahan-bahan makanan, pun menyajikan makanan.

Membersihkan talenan kayu dengan sabun cuci piring dan air

Jika Anda menggunakan talenan hanya untuk memotong bahan-bahan sederhana seperti buah-buahan untuk smoothie. Cukup bersihkan talenan kayu favorit Anda dengan sabun cuci piring dan air. Dilansir dari Taste of Home, Kamis, 16 Maret, jangan gunakan benda keras seperti sabut baja untuk menggosok sabun ke talenan Anda. Kain atau spons sabun sudah cukup membantu. Metode membersihkan talenan dengan sabun dan air ini bisa dilakukan tiap selesai dipakai.

Membersihkan talenan kayu dengan lemon dan garam

Ada banyak benda yang bisa Anda bersihkan dengan lemon dan talenan kayu salah satunya. Hal terbaik tentang saat membersihkan talenan kayu dengan lemon adalah air perasan lemon akan membersihkan sekaligus menghilangkan bau tak sedap yang menempel di talenan pada saat yang bersamaan.

Jika Anda mengiris makanan berbau tajam seperti bawang-bawangan, maka bau makanan tersebut mungkin tertinggal di celah-celah talenan. Taburkan garam kosher kasar di talenan Anda, potong lemon menjadi dua dan gosokkan potongannya ke talenan. Gosok dengan gerakan melingkar kecil dan mengikuti butiran talenan. Setelah cukup bersih, bilas talenan dan biarkan mengering.

Membersihkan talenan sebulan sekali dengan lemon dan garam akan menghilangkan noda dan bau menyengat yang menempel pada talenan.

Membersihkan talenan kayu dengan cuka

Membersihkan dengan cuka dapat membantu menghilangkan kuman pada talenan. Meskipun sabun dan air cukup membersihkan talenan bekas memotong sayuran, cuka lebih berguna menghilangkan bakteri berbahaya dari talenan setelah dipakai memotong daging atau ikan mentah.

Anda bisa mengoleskan cuka ke kain bersih lalu gosok talenan atau Anda bisa memasukkan cuka ke dalam botol semprot agar mudah digunakan. Cukup semprotkan talenan, gosokkan cuka ke talenan dengan kain bersih dan bilas. Semprotkan atau gosok talenan dengan cuka seminggu sekali

Membersihkan talenan kayu dengan pemutih

Jika cara di atas tak ada yang berhasil, maka saatnya membersihkan talenan dan dengan sesuatu yang lebih kuat yakni pemutih. Gunakan pemutih untuk membersihkan talenan setelah memotong daging atau ikan mentah. Ini akan mencegah bakteri berbahaya tumbuh di potongan kecil dan celah papan pengiris.

Larutkan 1 sendok teh pemutih dalam 2 liter air. Dengan kuas atau kain bersih, gosokkan larutan ke talenan dalam lingkaran kecil. Talenan jangan direndam, tapi gunakan larutan secukupnya sehingga bisa menutupi seluruh papan. Lap talenan dengan handuk bersih dan lembap lalu tepuk hingga kering dengan handuk kering.