Bagikan:

JAKARTA - Banyak orang yang masih aktif menggunakan ponsel mereka tepat sebelum tidur di malam hari. Hal itu terbukti lewat survei yang dilakukan oleh MatressNextDay terhadap 50 juta responden.

Sebagian besar dari responden mengaku mereka memang menggunakan ponse sebelum tidur di malam hari. Namun, perlu diketahui bahwa kebiasaan ini buruk karena bisa memengaruhi kesehatan tubuh.

Cahaya yang dipancarkan ponsel dapat membuat mata tidak merasa ngantuk sehingga terjaga semalaman. Ini tentunya tidak baik bagi tubuh karena akan kurang waktu tidur dan istirahat tidak berkualitas.

Tak hanya itu, kebiasaan menggunakan ponsel sebelum tidur juga dapat menyebarkan bakteri dan kuman penyebab penyakit ke permukaan tempat tidur. Penelitian yang dilakukan oleh LAD Bible mengungkap bahwa rata-rata orang menyentuh ponsel mereka lebih dari 2.600 kali dalam sehari, yang dapat membuat bakteri menumpuk pada ponsel.

Studi tersebut juga menemukan bahwa 51 persen pengguna tidak membersihkan ponsel mereka. Hal ini membuat bakteri dan kuman semakin bebas berkembang biak di ponsel.

Jenis bakteri paling umum yang ditemukan pada ponsel adalah pseudomonas aeruginosa, yang juga banyak ditemukan di kotoran kecoa. Bakteri ini dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti iritasi kulit hingga infeksi pada telinga.

Dengan itu sangat disarankan untuk tidak menggunakan ponsel minimal satu jam sebelum tidur untuk menghindari dampak buruk tersebut. Pastika juga untuk rutin membersihkan ponsel dengan alcohol swab atau cairan pembersih gadget untuk mencegah bakteri berkembang di ponsel.