Bahaya Radiasi HP untuk Kesehatan, Benarkah Bisa Mengakibatkan Kanker?
Ilustrasi radiasi HP bagi manusia. (foto; dok Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bahaya radiasi HP perlu diwaspadai pengguna telepon genggam, sebab ada dugaan bahwa pemakaian ponsel secara berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Handphone atau ponsel genggam bekerja dengan cara memancarkan gelombang radiasi. Paparan radiasi ini diduga dapat meningkatkan risiko kanker serta gangguan di bagian otak dan saraf, terlebih jika tubuh kerap terkena paparan. Lantas, benarkah demikian?

Bahaya Radisiasi HP untuk Kesehatan Menurut Penelitian

Sampai saat ini, belum ada bukti ilmiah yang cukup terkait bahaya radiasi HP dapat meningkatkan risiko kanker pada manusia.

Satu-satunya dampak radiasi HP yang sudah terbukti kebenarannya, yakni peningkatan panas di bagian tubuh yang dekat saat menggunakan gawai, misalnya kepala dan telingga.

Akan tetapi, seberapa tinggi kenaikan suhu tubuh dari radiasi elektromagnetik dan efeknya juga belum diketahui secara pasti.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa radiasi HP dapat meningkatkan risiko tumor otak pada sisi kepala yang banyak digunakan untuk menelepon. Kendati demikian, sulit untuk memastikan bahwa hal tersebut disebabkan oleh gelombang radiasi yang dipancarkan oleh gawai. Pasalnya, ada banyak penelitian lain yang menyatakan hasil berbeda.

Studi lainnya mencurigai adanya risiko lebih tinggi pada anak-anak dari radiasi HP, ketimbang orang dewasa. Dugaan ini muncul karena ada penyerapan radiasi lebih tinggi pada anak karena beberapa faktor, seperti struktur otak dan tengkorak kepala yang berbeda. Akan tetapi, hal itu masih perlu diteliti lebih lanjut.

Cara Mengurangi Bahaya Radiasi HP

Ilustrasi
Ilustrasi (pixabay/Foundry)

Pada 2011 International Agency for Research on Cancer (IARC) menyebut bahwa radiasi HP kemungkinan bersifat karsinogenik atau dapat menyebabkan kanker. Tak hanya itu, paparan radiasi elektromagnetik juga diduga dapat memunculkan penyakit lain, seperti tumor, otak, kanker, Alzheimer, parkinson, kecapaian, dan sakit kepala.

Kendati masih sebatas dugaan, tidak ada salahnya jika Anda mulai mencoba membatasi penggunaan gawai untuk mengurangi bahaya radiasi HP.

Pasalnya, pancaran sinar dari layar ponsel yang terlalu sering digunakan dan terlalu dekat dengan mata bisa membahayakan kesehatan mata.

Selain itu, penggunaan gawai secara berlebihan juga dapat membuat seseorang menjadi kencanduan dan kurang bersosialisasi dengan orang sekitarnya.

Dikutip dari laman Kominfo Bogor, Jumat, 3 Februari 2023, berikut ini beberapa langkah untuk mengurangi dampak radiasi HP pada tubuh:

  1. Setting ke Mode Offline

Jika ponsel genggam Anda sudah tidak lagi digunakan, seperti hendak tidur, HP disetel offline dengan mematikan data seluler. Tips ini sangat ampuh untuk meneken efek radiasi.

  1. Gunakan Alat Tambahan

Cara mengurangi bahaya radiasi HP yang berikutnya, yakni menggunakan alat tambahan seperti hands-free atau speaker supaya kepala tidak terlalu dekat degan gawai.

  1. Jangan Simpan HP di Saku Celana atau Baju

Sebisa mungkin, jangan menyimpan HP di bagian dekat tubuh, seperti dalam saku baju atau celana. Meletakkan HP dekat dengan bagian tubuh akan memperbesar terkena paparan sinar radiasi.

Sebagai gantinya, Anda bisa meletakkan HP di dalam tas ketika sedang berpergian.

  1. Gunakan HP Seperlunya

Untuk mengurangi dampak radisi HP, Anda juga disarankan untuk menggunakan telepon genggam seperlunya serta membatasi penggunaan HP, terlebih saat berinteraksi dengan orang lain.

Mengurangi bahaya radiasi HP pada anak bisa dilakukan dengan cara memberikan batasan dalam penggunakan gawai. Lama waktu melihat layar elektronik yang disarankan bagi anak usia di bawah 5 tahun hanya 1 jam per harinya.

Demikian informasi tentang dampak radiasi HP untuk kesehatan beserta cara menguranginya. Dapatkan update berita terkini hanya di VOI.id.