Bagikan:

JAKARTA – Baterai merupakan salah satu komponen penting yang perlu dijaga agar ponsel Anda bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama. Jika baterainya mengalami masalah, masa pakai baterai bisa berkurang.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga masa pakai baterai tetap konsisten. Mengutip dari How to Geek, Anda tidak boleh mengisi daya ponsel terlalu banyak. Artinya, Anda tidak boleh mengisi daya saat ponsel sudah mencapai 100 persen.

Biasanya, pengisian daya ini terjadi saat Anda mengisi daya ponsel ketika sedang tidur. Jika pengisian daya berlebih terus dilakukan komponen kimia pada baterai akan mengalami keausan, khususnya pada baterai dengan model lithium-ion.

Kebiasaan buruk berikutnya yang bisa mengurangi masa pakai baterai adalah penggunaan kecerahan layar di tingkat maksimal. Jika Anda salah satu orang yang harus melihat layar secerah mungkin, Anda perlu mengurangi kebiasaan ini untuk memperpanjang usia ponsel.

Semakin terang layar ponselnya, semakin banyak juga daya yang dikonsumsi karena lampu latar layar memerlukan banyak energi. Meski tidak menggunakan lampu latar, daya ponsel akan tetap terkuras sehingga Anda perlu mengurangi kecerahan layar.

Berikutnya, Anda mungkin tidak menyadari bahwa sistem pencarian Wi-Fi di ponsel Anda bisa mengurangi masa pakai baterai. Jika Anda sedang tidak menggunakan Wi-Fi, tetapi fiturnya masih aktif, Anda harus mematikan fiturnya untuk menjaga baterai.

Selama fiturnya menyala, sistem di perangkat Anda akan terus mencari keberadaan Wi-Fi di lingkungan sekitar. Maka dari itu, Anda perlu mematikan Wi-Fi saat tidak dibutuhkan agar sistemnya tidak memindai jaringan yang tersedia secara terus-menerus.

Terakhir, jangan biarkan aplikasi mengakses lokasi saat tidak dibutuhkan. Kebiasaan yang sering dilakukan aplikasi ini akan menguras masa pakai baterai karena layanan lokasi akan terus aktif dan mengandalkan GPS di ponsel tersebut.

Setiap kali aplikasi meminta Anda untuk mengaktifkan pelacakan lokasi, selalu pilih menu Saat Menggunakan Aplikasi. Menu ini akan membuat aplikasi menggunakan GPS saat aplikasinya memang sedang dibuka atau sedang Anda gunakan.