Lakukan Hal Ini untuk Menjaga Kesehatan Baterai Laptop
Pengisian daya baterai laptop (foto: dok. unsplash) 

Bagikan:

 

JAKARTA – Seluruh perangkat elektronik harus dijaga kesehatan baterainya, tak terkecuali laptop. Perangkat ini harus dijaga dengan cara yang tepat agar masa pemakaian baterainya bisa tahan hingga bertahun-tahun.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga baterai laptop Anda tetap sehat. Hal pertama yang harus dilakukan, mengutip dari Makeuseof, adalah berhenti mengisi daya laptop dari malam hingga ke pagi hari.

Mengisi baterai semalaman bisa menyuplai daya secara berlebihan. Dampaknya, baterai laptop Anda bisa menjadi lemah dan masa pakai baterainya akan berkurang. Oleh karena itu, hindari mengisi daya baterai semalaman.

Berikutnya, isi daya baterai di lingkungan yang tepat. Jangan pernah mengisi daya baterai di ruangan yang panas dan berventilasi buruk. Pasalnya, laptop bisa menghasilkan panas yang berlebihan dan bisa merusak komponen di dalamnya.

Pastikan untuk mengisi daya di ruangan yang terbuka atau terdapat aliran udara yang cukup, menggunakan dudukan khusus laptop selama waktu pengisian, hindari sorotan matahari langsung, dan jangan mengisi daya laptop di atas kasur.

Cara berikutnya adalah dengan mengisi daya hingga 80 persen. Pengisian daya hingga 100 persen boleh dilakukan, tetapi banyak produsen laptop yang menyarankan pengisian daya baterai hingga 80 persen untuk menjaga usia baterai.

Selain itu, jangan mengisi daya laptop saat baterai sudah hampir habis. Anda harus menyambungkan kabel pengisi daya ketika baterai sudah mencapai 20 persen. Kebiasaan mengisi daya laptop di bawah 20 persen bisa merusak baterai.

Terakhir, kurangi penggunaan laptop sambil mengisi daya. Kebiasaan yang satu ini bisa menimbulkan panas dan pengisian daya secara berlebihan. Jika laptop terlalu sering diisi dayanya sembari dimainkan, masa pakai baterainya akan berkurang.