Ed Sheeran Curhat Kesehatan Mental Lewat Album Baru, <i>Substract</i>
Ed Sheeran (Instagram @teddysphotos)

Bagikan:

JAKARTA - Usai vakum selama beberapa waktu lalu, Ed Sheeran mengumumkan album kelima nya berjudul “-” (Substract) yang akan rilis pada Mei mendatang. Album ini menjadi akhir dari era album matematisnya yang dimulai dengan “+”.

Lewat pernyataannya, Ed Sheeran mengaku sudah mengerjakan album ini sejak satu dekade lalu. Album ini diproduseri oleh Aaron Dessner, anggota The National yang turut memproduseri album Taylor Swift.

“Saya mengerjakan Subtract selama satu dekade, mencoba membuat album akustik yang sempurna, menulis, dan merekam ratusan lagu dengan visi yang jelas mengenai apa yang saya pikirkan,” tulis Ed Sheeran pada hari ini, Rabu, 1 Maret.

“Kemudian di awal tahun 2022, serangkaian peristiwa mengubah hidup saya, kesehatan mental saya,” katanya.

Menulis lagu membuat Ed Sheeran menghadapi serangkaian kejadian, dimulai dari masalah kesehatan sang istri, kematian teman baiknya Jamal Edwards, hingga mempertahankan integritasnya ketika ia terlibat masalah plagiat lagu.

“Saya menulis tanpa berpikir lagunya akan jadi seperti apa, saya menulis apapun yang keluar. Dalam sepekan, saya mengubah pekerjaan satu dekade dengan pemikiran terdalam dan tergelap,” kata Ed.

“Dalam sebulan, istri saya yang hamil mengalami tumor tanpa rute perawatan hingga persalinan. Sahabat saya Jamal, saudara bagi saya, meninggal tiba-tiba dan saya menemukan diri saya berdiri di pengadilan menjaga integritas dan karier saya sebagai penulis,” lanjutnya.

“Saya mengalami ketakutan, depresi, dan khawatir. Rasanya tenggelam, kepala di atas permukaan, bisa melihat tapi tidak bisa mencari udara,” tuturnya.

Suami Cherry Seaborn ini mengatakan untuk pertama kalinya tidak merancang sesuatu yang akan disukai orang lain. Ia merasa album ini akan memotret sisi kejujurannya sebagai orang dewasa.

“Ini tulisan terakhir di bulan Februari. Ini Subtract,” tutup Ed Sheeran.

-” menjadi rilisan album setelah terakhir merilis “=” pada 29 Oktober 2021. Ia merilis sejumlah kolaborasi termasuk Bam Bam bersama Camila Cabello yang mendapat nominasi Grammys 2023.

Ia juga merilis single demi single bersama Russ, Paulo Londra, Viaaney. Di tahun ini ia merilis F64 pada 19 Januari sebagai penghormatan untuk Jamal Edwards yang meninggal pada usia 31 tahun.

Pada hari yang sama, Ed Sheeran merilis artwork yang didominasi warna kuning cerah. Selain itu ia juga mengunggah video trailer album yang menampilkan Sheeran berjalan di tengah pantai dan beberapa tempat lainnya.

Beberapa judul trek ditulis dengan pasir dan album “-” akan dirilis pada 5 Mei secara fisik dan digital.