Rasa Lega Ed Sheeran Setelah Menangkan Gugatan Plagiat <i>Shape of You</i>
Ed Sheeran (Twitter @edhq)

Bagikan:

JAKARTA - Sebulan berlalu, Ed Sheeran mengumumkan ia memenangkan kasus gugatan plagiat lagu Shape of You yang ia rilis di tahun 2017. Hasil gugatan itu ia bagikan lewat postingan terbaru akun Instagram-nya.

Sebelumnya, seorang penyanyi bernama Sami Chokri menggugat Ed Sheeran karena plagiat lagu Shape of You. Lagunya berjudul Oh Why memiliki ritme nada yang serupa dengan lagu Sheeran.

Melansir The Independent, Ed Sheeran mengaku tidak pernah mendengar lagu Oh Why sebelum sidang berlangsung. Pengadilan juga menyimpulkan bahwa ada perbedaan antara dua lagu tersebut.

Dalam persidangan, Ed Sheeran menjelaskan ia lebih terinspirasi dari No Scrubs milik TLC sehingga royalti Shape of You juga diberikan kepada penulis No Scrubs. Sheeran bahkan memberi contoh dengan menyanyikan dua lagu dari Nina Simone dan Blackstreet yang membuktikan kesamaan nada dalam musik pop adalah hal biasa.

Diketahui gugatan itu dilaporkan Chokri sejak tahun 2018 dan baru berakhir pada Selasa, 5 April waktu Inggris.

“Penggunaan empat nada awal adalah singkat, sederhana, dan jelas bahwa tuan Sheeran mencari inspirasi dari lagu lain,” kata jaksa Justice Zacaroli.

“Saya menyimpulkan Sheeran belum mendengar Oh Why dan tidak memiliki niat untuk mengcopy lirik “Oh I” dari hook “Oh Why”,” jelasnya.

Ed Sheeran juga membuat video yang berisi pernyataan mengenai status persidangan yang sudah selesai.

“Saya ingin membuat video ini mengingat saya tidak bicara banyak sejak kejadian itu. Meskipun saya merasa lega dengan hasilnya, saya akui situasi seperti ini merugikan penulis di industri musik. Gugatan bukan hal yang menyenangkan,” kata Ed Sheeran.

Shape of You adalah single pertama Ed Sheeran dari album Divide yang dirilis pada tahun 2017. Pada tahun yang sama, lagu ini dinobatkan sebagai lagu dengan penjualan terbanyak di Inggris dan paling banyak didengarkan di Spotify.