Penampilan di Grammy Penuh Kritik, Madonna Respons Penggemar
Madonna (Instagram @madonna)

Bagikan:

JAKARTA - Madonna merespons kritik dari publik setelah penampilannya di Grammy menuai kontra. Pada Minggu, 5 Februari, Madonna tampil di atas panggung untuk mempersembahkan penampilan Sam Smith dan Kim Petras.

Publik menyebut wajah Madonna dipenuhi dengan operasi plastik. Di usianya yang menginjak 64 tahun, publik menyarankan agar Madonna menua dengan natural.

“Madonna, dengan mengubah wajahmu semaksimal mungkin, kamu adalah pelaku utama dari ageism. Aku penggemarmu tapi aku harus bilang ini,” cuit salah satu penggemar.

“Aku penggemarmu, tolong berhenti operasi plastik,” ujar penggemar lainnya.

Sadar akan kritik tersebut, Madonna mengunggah foto terbaru beserta tulisan panjang di Instagram. Ia berharap publik lebih berfokus dengan Sam Smith dan Kim Petras yang membuat sebuah sejarah di dunia musik.

“Sebuah kehormatan bagi saya untuk mengumumkan Kim Petras dan Sam Smith di Grammy. Saya ingin memberi penghargaan terakhir seperti Album of the Year, tapi saya rasa lebih penting jika saya memberi penghargaan perempuan trans pertama yang tampil di Grammy,” tulis Madonna.

“Apalagi… dia menang Grammy!” katanya mereferensikan Kim Petras.

Madonna menyarankan untuk tidak berfokus dengan dirinya atau penampilannya hari itu. Ia memilih untuk merayakan sebuah momen bersejarah bagi Kim Petras.

“Alih-alih berfokus pada apa yang saya katakan tentang berterima kasih kepada Sam dan Kim, banyak orang memilih untuk berbicara tentang foto close-up saya yang diambil dengan kamera lensa panjang oleh seorang fotografer pers. Itu akan mengubah wajah siapa pun,” katanya.

“Sekali lagi saya terjebak dalam misogini dan ageism di dunia tempat kita tinggal. Dunia menolak merayakan wanita yang melewati usia 45 tahun dan merasa harus mendorongnya untuk menjadi sosok yang bekerja keras,” lanjutnya.

Madonna mengaku sudah direndahkan oleh publik sejak awal kariernya. Namun ia menganggap ini sebagai tantangan untuk menjalani musik sesuai keinginannya.

“Saya mengerti ini adalah cobaan dan saya bahagia melewatinya sehingga semua wanita di belakang saya bisa menjalani tahun yang lebih mudah ke depannya,” kata Madonna.

“Saya tidak pernah minta maaf atas pilihan kreatif yang saya buat atau bagaimana saya tampil. Kata Beyonce, You won’t break my soul,” tutup Madonna.

Postingan ini mendapat pro dan kontra dari publik. Di satu sisi, rekan selebriti mendukung pernyataan Madonna, di sisi lain, tidak sedikit netizen yang mempertanyakan penampilannya.

“Aku gak ngerti… kalau kamu menolak ageism, kenapa kamu memperbaiki wajahmu untuk terlihat muda? Menunjukkan wanita dewasa kalau tidak baik jika punya kerutan?” tanya netizen.

“Madonna, kamu yang ironis. Kamu tidak menerima fakta bahwa wanita di atas 45. Kalau iya, enggak mungkin kamu operasi plastik. Apa yang salah dengan terlihat 64 ketika kamu memang 64 tahun!” tambah netizen.

“Selebriti wanita berusia di atas 45 tahun menjalani operasi plastik untuk mengangkat, menyelipkan, menarik, memotong, menyuntikkan, dan membusungkan wajah mereka dengan motivasi usia untuk terlihat lebih muda secara visual… Benar-benar tidak melakukan apa pun untuk mendorong batasan atau menentang patriarki,” tulis netizen.