Sering Dipakai untuk Syuting Film Korea, Ini 5 Objek Wisata Menarik di Busan
Wisata di Busan (Foto: Ist)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam satu dekade terakhir, Korea Selatan semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia, terutama karena mulai dikenalnya K-Pop dan K-Drama yang saat ini menjadi salah satu pilihan anak muda Indonesia saat mencari hiburan.

Ketertarikan terhadap berbagai konten dari Negeri Ginseng itu membuat minat masyarakat Indonesia untuk mengunjungi Korea Selatan pun meningkat. Mulai dari sekedar berlibur, bekerja dan juga menempuh pendidikan.

Sejauh ini, Seoul dan Pulau Jeju menjadi destinasi yang paling dikenal oleh masyarakat Indonesia. Namun, Busan, kota terbesar kedua setelah ibukota Seoul juga punya beberapa destinasi yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Busan pernah menjadi lokasi syuting film fenomenal, Train to Busan dan Ode to My Father. Melansir Visit Busan, berikut 5 objek wisata di Busan yang menarik untuk dikunjungi

1. Pantai Haeundae

Pantai Haeundae merupakan representasi dari pariwisata Busan. Membentang sepanjang 1,5km, pantai ini dikunjungi lebih dari 10 juta pengunjung tiap musimnya. Haeundae juga jadi tempat yang paling dikenal masyarakat Korea Selatan untuk berenang dan berjemur.

Selain itu, pantai Haeundae juga menyajikan banyak event menarik pada momen-momen tertentu. Kuliner makanan laut khas Busan juga dapat dinikmati di berbagai restoran di sekitar pantai.

2. Lotte World Adventure Busan

Lotte World diresmikan pada 31 Maret 2022 di OSIRIA Tourist Complex, Busan. Objek wisata ini jadi tempat yang sangat cocok untuk keluarga. Didominasi warna oranye, objek wisata satu ini membuat pengunjung seakan berada di negeri dongeng.

Bagi pengunjung yang gemar berfoto, Lotte World memiliki banyak bangunan dan dekorasi unik yang bisa dijadikan latar. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati berbagai wahana permainan dan juga parade pertunjukan.

3. Busan Tower

Busan Tower merupakan tower setinggi 120 meter yang terletak di Yongdusan Park. Objek wisata ini merupakan tempat paling populer bagi warga yang tinggal di pusat Kota Busan. Taman ini juga jadi salah satu landmark dari Busan pagi para pengunjung.

Dari lokasi Busan Tower yang unik, dimana terletak di pusat kota dan berada di daratan yang lebih tinggi, pengunjung bisa melihat keindahan Kota Busan dari atas. Beberapa hal yang bisa dilihat dari Busan Tower diantaranya Pelabuhan Busanhang, Jembatan Busanhangdaegyo, Jembatan Yeongdodaegyo, Gunung Yeongdo Bonghaesan dan Marine City.

4. Gamcheon Culture Village

Gamcheon Culture Village adalah salah satu pemukiman paling menarik di Korea Selatan. Pemukiman ini penuh dengan warna-warni dan juga spot menarik untuk dikunjungi. Karena pemandangannya yang indah, pemukiman ini disebut Machu Pichu dari Korea.

Keindahan Gamcheon juga punya ceritanya sendiri. Pada tahun 2009 lalu, mulai dari pelajar, seniman dan warga mendekorasi pemukiman sebagai bagian Village Art Project, hingga akhirnya kini menjadi salah satu objek wisata menarik untuk dikunjungi.

5. Gwangbok

Kawasan Gwangbok juga menarik untuk dikunjungi. Setidaknya ada dua hal yang ditawarkan, yaitu wisata kuliner dan belanja fashion.

Di Gwangbokdong Food Street, wisatawan bisa menikmati street food khas Korea Selatan. Sementara Gwangbokro Fashion Street menawarkan produk-produk fashion yang tak kalah dari ibukota Seoul.

Untuk memberikan fasilitas lebih baik bagi wisatawan dari luar Korea Selatan, Kota Metropolitan Busan dan Organisasi Pariwisata Busan meluncurkan Visit Busan Pass. Fasilitas yang baru dirilis pada Februari 2023 itu akan memberikan kemudahan bagi wisatawan mancanegara.

Dengan menggunakan Visit Busan Pass, wisatawan dapat menggunakan lebih dari 30 fasilitas wisata utama berbayar di Busan dengan bebas dalam waktu yang ditetapkan, serta menerima berbagai keuntungan seperti diskon di lebih dari 100 fasilitas termasuk kafe, restoran, dan toko di tempat-tempat wisata utama di Busan.

Visit Busan Pass juga memberikan kemudahan untuk bepergian di Busan, karena juga dapat digunakan untuk transportasi umum seperti kereta bawah tanah dan bus, serta dapat digunakan untuk membayar barang-barang yang ada di minimarket.