Song Kang Ho, Kang Dong Won, dan Bae Doona Bermain dalam Film <i>Broker</i>
Kang Dong Won dan Song Kang Ho (Showbox)

Bagikan:

JAKARTA - Sutradara asal Jepang, Hirokazu Koreeda akan membuat film Korea pertamanya berjudul Broker. Pada Rabu, 26 Agustus, tiga pemain utamanya diumumkan yaitu Song Kang Ho, Kang Dong Won, dan Bae Doona.

Melansir Soompi pada hari yang sama, Hirokazu menjelaskan bagaimana ia memilih tiga bintang Korea Selatan itu.

Dengan Song Kang Ho, sutradara Shoplifters itu menceritakan ia bertemu saat Festival Film Busan. Begitu juga pertemuan dengan Kang Dong Won saat di Busan dan Festival Film Cannes.

“Saya bekerja dengan Bae Doona pada 2009 dan saya berkata kepada diri saya, ‘Saya harap kita bisa bekerja lagi selanjutnya sebagai karakter manusia.” Saat itu, Bae Doona berperan sebagai boneka seks dalam film Air Doll arahan Koreeda.

Rencana untuk menggarap Broker sudah terpikirkan olehnya sejak 5 tahun lalu. Broker menceritakan tentang kotak berisi bayi di mana kotak ini digunakan orang yang tidak ingin merawat bayi mereka.

Membuat film Korea pertamanya merupakan tantangan bagi sutradara ini. Pasalnya film ini akan berisi bahasa yang tidak ia ketahui. “Apa saya bisa mengekspresikan dan membagikan keterbatasan bahasa dan budaya? Apa artinya menjadi sutradara? Saya harap bisa mengeksplorasinya melalui film ini,” tuturnya.

Hirokazu Koreeda adalah sutradara Jepang yang dikenal dengan film Shoplifters pada 2018. Film itu berhasil memenangkan Palme d’Or pada Festival Film Cannes tahun yang sama.

Setelah Shoplifters, ia menggarap film The Truth yang merupakan film berbahasa Inggris pertamanya. Film ini ditayangkan pada Festival Film Toronto 2019. Broker akan diproduksi Zip Cinema dan CJ ENM dan dijadwalkan melakukan proses syuting pada 2021 yang akan datang.