5 Hal Umum yang Jadi Penyebab Pria Bisa Kehilangan Rasa Percaya Diri
Ilustrasi (Shvets Production/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Bukan hanya wanita yang bisa alami kehilangan rasa percaya diri atau insecure. Pria juga bisa merasa insecure dengan beberapa hal yang terjadi dalam hidup mereka. Baik itu tentang tubuh, pekerjaan, atau hubungan percintaan, pria merasa insecure dan kadang sulit diungkapkan. Ini dapat menyebabkan masalah hilangnya harga diri dan kepercayaan diri yang parah. Melansir Times of India, Selasa, 31 Januari, berikut hal-hal yang bisa sebabkan pria kehilangan rasa percaya diri.

Hubungan percintaan

Jika seorang pria pernah diselingkuhi saat menjalin hubungan percintaan, maka akan sulit baginya mengatasi masalah terkait kepercayaan. Dia akan terus berpikir apakah perlu memaafkan mantan pasangan, pun apakah pasangan yang baru bisa dipercayai atau tidak. Hilangnya kepercayaan ini jadi rasa insecure yang akan terus dibawa pasangan pada hubungan yang baru.

Bentuk tubuh

Tak banyak yang tahu kalau pria berurusan dengan banyak masalah terkait bentuk tubuh. Kerap membanding-bandingkan bentuk tubuh diri sendiri dengan pria lain serta tekanan terus menerus untuk tampil baik setiap kesempatan bisa membebaninya. Pria dapat mengalami rasa percaya diri yang rendah karena ini. 

Pekerjaan

Pria sangat peduli dengan pekerjaannya, terutama di era kompetitif saat ini dimana perusahaan cenderung memberhentikan karyawan dengan cara yang sangat tidak terduga. Jaminan pekerjaan merupakan aspek yang sangat penting dalam kehidupan pria karena identitas pria seringkali terikat pada pekerjaan dan kehidupannya. Tekanan untuk memiliki pekerjaan yang lebih baik menjadi sangat besar dalam hidupnya.

Mengekspresikan emosi

Banyak pria menghadapi kesulitan dalam mengekspresikan diri. Keintiman emosional adalah teka-teki besar bagi pria yang tidak tahu bagaimana menyelesaikannya. Tapi bagaimanapun juga, dia tetap melakukan yang terbaik untuk menyelesaikan masalah emosi tersebut.

Tidak memenuhi ekspektasi

Pria berjuang memenuhi harapan orang-orang di sekitarnya. Dan jika harapan tersebut tak bisa dipenuhi, maka hal ini bisa jadi beban bagi pria. Kaum adam memiliki pemikiran bawaan dalam diri bahwa dia harus bisa memenuhi harapan orang-orang di sekitarnya. Karena jika tidak, dia merasa diri tidak berarti sama sekali.