Bagikan:

YOGYAKARTA – Alasan seseorang kurang percaya diri sangat beragam, mulai dari kurangnya pengalaman hingga sugesti negatif kepada diri sendiri.

Menyadur laman AI-Care, percaya diri adalah sebuah sikap di mana seseorang mempercayai kemampuan dan keterampilan yang dimiliki.

Rasa percaya diri sangat penting untuk dimiliki agar bisa mengatasi tantangan, masalah, mencapai tujuan dan berinteraksi dengan baik kepada orang lain.

Lantas, apa yang membuat seseorang kurang percaya diri? Simak ragam alasannya dalam ulasan berikut ini.

Alasan Seseorang Kurang Percaya Diri

Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu, 19 Mei 2024, berikut ini adalah beberapa alsan mengapa seseorang tidak percaya diri.

1. Kurang atau tidak punya pengalaman

Ketika hendak berbicara di hadapan banyak orang atau melakukan suatu hal baru, tentu setiap orang akan mempersiapkan diri sebaik mungkin. Nah, kurangnya pengalaman bisa memunculkan perasaan insecure dalam diri individu. Bila sudah demikian, seseorang akan kehilangan rasa percaya diri.

2. Punya trauma

Seorang individu yang memiliki trauma juga dapat kehilangan rasa percaya diri. Hal-hal seperti pelecehan fisik, seksual, dan emosional, dapat secara signifikan memengaruhi perasaan seseorang akan harga diri mereka.

Tak hanya itu, kejadian tidak menyenangkan di masa lalu juga berdampak terhadap kesehatan mental seseorang.

Bila Anda merasa tersika atau malu akan kejadian pelecehan di masa lalu, pertimbangkan untuk mencari pertolongan dari dokter berlisensi.

3. Terpengaruh pendapat orang lain

Rasa percaya diri juga bisa hilang ketika seseorang mendapat kritik dari orang lain. Jika hal tersebut terjadi, jangan buru-buru mempercayainya. Sebab, apa yang mereka katakana belum tentu fakta, bisa jadi hanya pendapat pribadi semata.

4. Ada perasaan khawatir atau takut

Perasaan khawatir atau takut kerap jadi penyebab seseorang tidak percaya diri. Takut gagal, ditolak, hingga khawatir tidak akan mendapat apa yang diimpikan, menciptakan pemikiran-pemikiran negatif yang belum tentu terjadi. Akibatnya, seseorang merasa rendah diri dan malu untuk memulai.

5. Punya ekspektasi yang berlebihan

Terkadang seseorang memiliki ekspektasi yang berlebih terhadap dirinya sendiri. Misalnya, mengharapkan diri sendiri untuk menjadi sosok yang sempurna.

Kesalahan kecil seringkali membuat seseorang kecewa pada hasil kerjanya. Ekspektasi yang berlebihan terhadap sesuatu justru membentuk karakter insecure dalam diri seseorang.

6. Mengalami perundungan

Seseorang yang mengalami perundungan pada masa kanak-kanak seringkali memiliki rasa percaya diri yang rendah.

Perundungan bisa berdampak pada kepercayaaan diri seseorang dalam hal penampilan, kemampuan intelektual, dan atletik, dan bidang lain dalam hidup seseorang.

7. Sugesti negatif

Alasan seseorang kurang percaya diri yang terakhir adalah memiliki pikiran negatif. Ketika menghadapi suatu masalah, kadang seseorang akan berpikir bahwa dirinya tidak mampu. Pikiran tersebut bisa membuat Anda tidak bisa meraih sesuatu.

Penyebabnya bukan karena kemampuan atau keterampilan yang terbatas, melainkan semangkat yang runtuh akibat pikiran negatif tersebut.

Demikian informasi tentang alasan seseorang kurang percaya diri. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.