5 Alasan Mengapa Rasa Percaya Diri Penting, Termasuk Menjaga Mental Sehat <i>Lho</i>
Ilustrasi alasan kenapa rasa percaya diri penting (Pexels/Los Muertos Crew)

Bagikan:

JAKARTA – Percaya diri, menurut para ahli, didefinisikan sebagai cara bersikap tentang keterampilan dan kemampuan yang dimiliki. Mengutip laman University of South Florida, merasa percaya diri berarti menerima dan memercayai diri sendiri. Bahkan dengan begitu, Anda bisa mengontrol hidup Anda.

Kepercayaan diri yang rendah bisa membuat Anda selalu ragu, pasif, dan sulit percaya pada orang lain. Percaya diri rendah, disebabkan banyak faktor. Misalnya hidup di lingkungan yang tidak mendukung atau terlalu kritis. Bisa juga dipicu kehilangan yang mendalam, menilai diri sendiri terlalu keras, atau takut gagal.

Rasa percaya diri penting dalam seluruh aspek kehidupan. Termasuk penting untuk menjaga mental sehat. Dilansir Psychology Today, Senin, 14 Maret, psikolog klinis Barbara Markway, Ph.D. mengungkap alasan mengapa percaya diri itu penting.

1. Mengurangi rasa takut dan kecemasan

Cemas karena melakukan hal baru atau takut menghadapi tantangan juga berpijak pada rasa percaya diri Anda. Dengan rasa percaya diri, seseorang bisa menghalau pikiran yang menyabotase diri. Seperti keraguan “apakah saya bisa menyelesaikan tugas baru ini” maupun menegasikan “saya tidak bisa melakukannya”.

alasan mengapa percaya diri itu penting
Ilustrasi alasan kenapa rasa percaya diri penting (Pexels/Yan Krukov)

2. Motivasi diri lebih besar

Alasan mengapa percaya diri itu penting, karena bisa memotivasi diri sendiri. Langkah-langkah kecil bisa diambil ketika Anda termotivasi untuk mengejar pencapaian. Baik itu mencapai karir yang sukses hingga menguasai keterampilan sehari hari maupun mencapai tujuan kebugaran.

3. Punya ketahanan diri

Yakin pada diri sendiri merupakan keterampilan yang berefek pada penemuan metode menangani kemunduran dan kegagalan. Percaya bahwa kita pernah melakukan kegagalan juga bagian dari percaya pada diri sendiri untuk mampu memperbaikinya. Anda tak perlu menyalahkan diri sendiri ketika gagal. Justru Anda perlu dorongan untuk mencoba hal baru dan memahami bahwa kegagalan mengarah pada pertumbuhan.

4. Meningkatkan relasi baik

Sebenarnya, menurut Markway, orang-orang kerap terbunkgus pada kekhawatiran mereka sendiri. Semakin Anda jauh dari pikiran yang membatasi, semakin Anda tidak khawatir untuk melakukan banyak hal demi meraih pencapaian.

5. Dengan percaya diri, Anda dapat menumbuhkan empati

Saat Anda benar-benar hadir, akan tahu bahwa orang terdekat Anda merasa sedih, senang, ataupun butuh bantuan. Namun ketika Anda disibukkan dengan keraguan diri, maka uluran tangan untuk membantu orang lain akan tertunda atau bahkan tak terpikirkan sama sekali.

Pesan Markway, kepercayaan diri cukup mengakar. Dengan percaya pada diri sendiri, Anda bisa menerima kelemahan dan menggubah kekuatan yang bermanfaat sebagai amunisi sepanjang kehidupan.