Jadi <i>Support System</i> yang Sehat untuk Orang Terdekat, Lakukan 5 Cara Ini
Ilustrasi jadi support system yang sehat (Pexels/Askar Abayev)

Bagikan:

JAKARTA – Menjadi support system bagi orang lain terutama keluarga dan kerabat dekat berefek positif. Baik bagi kesehatan mental, fisik, maupun menjalin ikatan yang solid minim konflik. Apakah Anda memberikan dukungan, selalu ada untuk teman dan keluarga saat mereka membutuhkan?

Ternyata, menjadi support system yang sehat itu tidak selalu 24 jam ready to caring. Dilansir Vantage Point: Behavioral Health & Trauma Healing, Senin, 28 Juni, support system sehat itu bisa dilakukan dengan 5 cara berikut ini.

Memberi masukan dan saran dengan tegas tanpa marah-marah

Di lingkungan kerja, setiap pekerja pasti punya tim atau rekan yang mendukung pekerjaan. Termasuk yang memberikan masukan dan saran dengan tegas tetapi bukan dengan kemarahan. Seseorang yang jadi support system sehat mampu membuat rekannya tetap di jalur.

Tetapi meluruskan jalur bukan berarti jadi tanggung jawab support system. Support system memberi ruang rekannya untuk memilih jalurnya sendiri.

Mendukung dan memberikan perhatian

Secara alamiah, seseorang akan berelasi pertemanan dengan orang-orang yang punya pemikiran, keyakinan, dan pengalaman yang sama. Misalnya, berteman dengan teman kantor, teman kuliah, teman organisasi atau bahkan tetangga sebelah.

Nah, jadi support system yang sehat bukan abai terhadap masalah yang dialami oleh teman Anda. Tetapi sebaliknya, memberikan dukungan, perhatian, atau menawarkan cara untuk menyelesaikan masalah.

Memberi informasi yang valid

Memberikan informasi valid bisa membuat kerabat dan keluarga yang terkasih terhindar dari rasa cemas. Meskipun setiap orang punya masing-masing gawai, tetapi tidak semuanya mengetahui mana yang hoax dan valid.

Artinya, berbagi informasi juga merupakan salah satu support system yang sehat.

Bisa dipercaya

Mendapatkan kepercayaan dari orang lain, tentu memiliki posisi penting. Maka, menjaga kepercayaan tersebut dan memegang rahasia, misalnya berbagi rahasia masing-masing, juga penting dilakukan.

Mempunyai orang yang dipercaya juga bisa meningkatkan rasa percaya diri.

Kenal tujuan personal

Support system yang sehat mengenali tujuannya, termasuk tujuan personalnya. Situasi setiap orang juga akan berbeda karena memiliki tujuan berbeda-beda. Tetapi bukan berarti tidak bersentuhan atau berelasi dengan orang lain.

Terkait dengan dua hal, tujuan personal dan menjadi support system yang sehat berarti mengetahui mana, kapan, serta bagaimana memberikan dukungan kepada orang-orang terdekat tanpa membuatnya terlalu bergantung pada Anda.