Legenda Balap Sepeda Hendrik Brocks Tutup Usia
Legenda balap sepeda nasional, Hendra Gunawan atau Hendri Brocks (tengah) tutup usia pada Rabu, 8 Maret. (Foto: KONI)

Bagikan:

JAKARTA - Dunia olahraga nasional kembali berduka. Legenda balap sepeda Indonesia, Hendra Gunawan atau Hendrik Brocks tutup usia pada Rabu, 8 Maret 2023.

Almarhum meninggal dunia pukul 14:35 WIB pada usia 80 tahun. Tak disebutkan secara pasti penyebab meninggalnya sang legenda.

Namun, pihak keluarga menyebut pria yang akrab disapa Ekih itu merasakan lemas dalam dua hari terakhir.

Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman menyampaikan, rasa duka cita mendalam.

"Hari ini masyarakat olahraga Indonesia kehilangan Patriot Olahraga Indonesia yang telah berhasil meraih prestasi, yang membuat bendera Merah Putih berkibar dengan diiringi berkumandangnya Lagu Indonesia Raya pada Asian Games IV Tahun 1962 di Jakarta," ujar Marciano.

"Selaku Ketua Umum KONI Pusat, saya sampaikan rasa duka cita yang mendalam. Semoga Almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT dan mereka yang ditinggalkan dapat diberikan kekuatan,” tambahnya.

Purnawirawan TNI itu mengatakan, prestasi sang legenda akan selalu dikenang. "Perjuangannya mengharumkan Indonesia melalui olahraga akan kami lanjutkan," tuturnya.

Hendrik Brocks merupakan atlet Indonesia yang meraih emas Asian Games IV 1962 di Jakarta. Pria asal Sukabumi kelahiran 27 Maret 1942 ini berhasil menggondol tiga emas lewat nomor perorangan individual Road Race 190 kilometer, Tim Time Trial 100 kilometer dan Tim Roadrace 190 km.

Selamat jalan, legenda.