Bagikan:

JAKARTA - PBSI menargetkan sedikitnya tiga medali emas dari SEA Games 2023 di Phnom Penh, Kamboja. Target ini berdasarkan peta kekuatan lawan dan juga pengalaman dari SEA Games sebelumnya.

Hal tersebut diungkapkan langsung Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI Rionny Mainaky.

"Targetnya kan dari (nomor) beregu, tunggal, dan ganda. Ya tiga putra itu lah paling," kata Rionny, seperti dilansir dari Antara.

Meski optimistis mampu mengulang kesuksesan di SEA Games 2021, Rionny masih berharap Skuad Merah Putih bisa membawa hasil lebih di Phnom Penh. "Kalau bisa ya sebanyak-banyaknya," tuturnya.

Pada SEA Games 2023, PBSI akan menurunkan skuad pelapis. Pasalnya, jadwal SEA Games akan bentrok dengan Piala Sudirman 2023.

Seperti diketahui, SEA Games 2023 akan berlangsung pada 5-17 Mei. Sedangkan Piala Sudirman 2023 akan dilangsungkan pada 14-21 Mei di Suzhou, China.

"Saya sudah kasih, sudah dipilih," kata Rionny.

Walau menurunkan formasi pelapis, namun PBSI punya keyakinan tinggi bahwa timnas mampu bersaing dengan lawan yang sudah setara dengan tim utama. Rionny memastikan turunnya tim pelapis di SEA Games bukan kendala, karena ada sejumlah atlet kuat seperti misalnya Chico Aura Dwi Wardoyo dari nomor tunggal putra.

"Memang kuat, saya yakin bisa karena memang sudah sekelas. Justru yang muda lebih loss karena SEA Games ini kelihatan kecil tapi pressure lebih besar daripada Asian Games, Olimpiade," Rionny menjelaskan.

Sementara Piala Sudirman, PBSI melihat kejuaraan beregu itu lebih bergengsi daripada SEA Games. Jadi pebulu tangkis utama akan mewakili Merah Putih pada agenda tersebut.

"Ya di sana memang 'full team' lagi di Sudirman," kata Rionny singkat.