SportStar: Aldila Sutjiadi, Si Cantik Penerus Angelique Widjaja dan Yayuk Basuki
Petenis Indonesia, Aldila Sutjiadi. (Foto: Instagram/@dila11/Ben Peskar /@dowtenniscl)

Bagikan:

JAKARTA - Petenis putri Indonesia, Aldila Sutjiadi, baru saja menambah panjang daftar prestasinya. Tampil di nomor ganda putri ATX Open bersama Erin Routliffe, Aldila keluar sebagai pemenang.

Kemenangan yang diraih pada Senin, 6 Maret ini menjadi gelar kedua bagi Aldila dalam tur WTA tahun ini. Aldila/Routliffe menjalani laga selama satu jam 28 menit untuk menang 6-4 3-6 10-8 atas unggulan Nichole Melichar-Martinez (AS)/Ellen Perez (Australia).

Gelar pertama Aldila di tahun 2023 ini diraih lewat kemenangan di nomor ganda putri saat turnamen WTA 250 bertajuk ASB Classic di Auckland, Selandia Baru pada Januari lalu.

Berikut adalah profil dan prestasi Aldila yang mengharumkan tenis Indonesia, yang dilansir dari berbagai sumber:

Profil Aldila Sutjiadi

Aldila Sutjiadi lahir di Jakarta pada 2 Mei 1995, ketertarikannya pada tenis menular pertama kali ketika mengantarkan kedua kakaknya berlatih. Kariernya mulai dirintis pada tahun 2008 dengan mengikuti kejuaraan tingkat nasional.

Kemampuannya semakin terlihat ketika ia berhasil memenangi kompetisi tunggal dan ganda pada Kejuaraan Junior Indonesia Internasional tahun 2010. Dua tahun kemudian, dia sudah bisa bicara di kancah internasional.

Tampil di Kejuaraan Junior Australia Terbuka 2012, Aldila berhasil menembus babak semifinal.

Kariernya kemudian terus menanjak di tahun 2018 ketika tampil di Asian Games. Berpasangan dengan Christopher Rungkat, Aldila yang mewakili Indonesia berhasil menyabet medali emas.

Kesuksesan Aldila dan Rungkat juga berlanjut saat SEA Games 2019 dan 2021 lewat torehan medali emas.

Petenis Indonesia, Aldil Sutjiadi. (Foto: Instagram/@dila11)
Caption

Di tahun 2022, Aldila berhasil meraih gelar WTA pertamanya melalui ajang Copa Colsanitas 2022 bersama petenis Australia, Astra Sharma.

Gelar WTA yang disabet Aldila itu menjadi jawaban atas penantian panjang tenis Indonesia atas pembaruan prestasi. Pasalnya terakhir kali gelar itu berhasil diraih pada tahun 2003 lewat Angelique Widjaja.

Dari deretan prestasinya, gelar terbaru di ATX Open membuat ranking Aldila bakal naik peringkat. Saat ini petenis berusia 27 tahun itu naik tiga angka ke posisi 32 ganda dunia dengan 2090 poin.

Setelah turnamen Austin ini, Aldila masih akan berkelana di AS. Ia akan kembali berpartner dengan Miyu Kato untuk mengikuti ajang WTA 1000 Indian Wells.

Profil Singkat Aldila Sutjiadi

Nama: Aldila Sutjiadi

Tanggal Lahir: 2 Mei 1995, Jakarta

Pendidikan: Universitas Kentucky

Spesialisasi: Ganda putri