Richie Setiawan Merasa Bisa Eksplorasi Lebih Setelah Berpisah dengan Five Minutes
Richie Setiawan mantan vokalis band Five Minutes (Foto: Ivan Two Putra/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Sudah 7 bulan lamanya Richie Setiawan mantan vokalis band Five Minutes bersolo karier.

Tentunya ada perbedaan esensial di karier musiknya ketika berada dalam sebuah band dan kini harus menjalaninya seorang diri.

Richie mengungkap perbedaan yang ia rasakan lebih dari setengah tahun ini.

“Mungkin kalau ditekankan di solo lebih eksplor aja sih. Lebih eksplor karena kan sekarang sendiri,” kata Richie saat ditemui di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

Materi lagu yang ia nyanyikan setelah berpisah dengan Five Minutes menjadi lebih bervariasi.

Tidak hanya pop, Richie juga mulai mengeksplorasi dirinya melalui genre rock dan metal.

Meski begitu, karya-karya yang iakeluarkan sejauh ini masih bertemakan cinta, serupa dengan lagu-lagu hits dari Five Minutes.

Meski telah berpisah, Richie mengaku masih menjalin komunikasi dengan personel Five Minutes lainnya. Lima belas tahun menjadi bagian dari band, pria 39 tahun itu merasa kebersamaan dan para penggemar menjadi hal yang paling berkesan baginya.

“Kayaknya (yang paling berkesan) kebersamaannya. Terus tuh yang paling penting fan base-nya segunung kan, gila banget. Terima kasih banyak untuk selalu berteman dengan Five Minutes,” tuturnya.

“Mereka itu solid, kompak, disiplin, tertib, keren deh semuanya dari Five Minutes. Dan gua juga belajar semuanya dari situ,” sambungnya.

Atas capaian pada solo kariernya, Richie tidak ingin menaruh ekspektasi yang terlalu tinggi.

Baginya, ia hanya ingin terus berkarya dan mengeksplorasi dirinya lewat musik. Selebihnya, diserahkan kembali kepada para pendengar.

“Kembali lagi ke pendengar dan penikmat musik Indonesia sih. Kalau karya-karya ke depan bisa dinikmati, bisa kayak di Five Minutes ya alhamdulillah. Itu kan kayak apa ya, jadi kayak gift aja gitu,” pungkasnya.