Para Pemeran Ungkap Hal Berbeda yang Ditampilkan <i>Mangkujiwo 2</i>
Cast dan tim produksi Mangkujiwo 2 usai konfrensi pers (Ivan Two Putra/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Berselang tiga tahun dari penayangan pertamanya, kini Mangkujiwo 2 hadir untuk melanjutkan sekuel sebelumnya yang tayang pada awal tahun 2020 lalu.

Masih disutradarai Azhar Kinoi Lubis, film ini masih mempertahankan cerita dari sekuel sebelumnya. Aktor-aktor yang sebelumnya sudah ada, seperti Sudjiwo Tejo, Yasamin Jasem, Karina Suwandi dan Djenar Maesa Ayu kembali dihadirkan. Namun, terdapat karakter baru yang dimainkan Marthino Lio yang didapuk menjadi pemeran utama dalam sekuelnya ini.

Marthino Lio mengaku sempat minder ketika pertama kali bergabung. “Yang paling bikin minder mereka kan udah dari Mangkujiwo 1, jadi ngerasa harus ngejar keakrabannya. Tapi kan banyak aktor yg udah pengalaman nih, jadi aku coba kayak gosongin gelas aja hingga akhirnya bisa akrab sama mereka,” katanya saat konfrensi pers di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan pada Jumat, 20 Januari.

Menimpali pernyataan Marthino, Djenar Maesa Ayu mengaku puas dengan cast yang dihadirkan, terutama para aktor yang baru bergabung di Mangkujiwo 2 ini. Djenar merasa porsi yang diberikan terhadap tiap karakter seimbang dan memiliki keunikannya tersendiri.

“Saya sangat beruntung dengan cast-nya. Enaknya, di sini tidak ada satu pun pemain yang mau main sendiri. Di sini kami saling mengisi, mendukung, bahkan sering saling nanya. Kalau jajaran cast dan crew-nya enggak seperti ini, enggak kebayang gimana jadinya,” tutur Djenar.

Sementara itu, dua aktris lainnya, Yasamin Jasem dan Karina Suwandi mengungkap perbedaan dari karakter mereka di sekuel kedua Mangkujiwo.

Yasamin memainkan karakter Uma yang lebih dewasa dari sekuel sebelumnya. Ia mengaku senang bisa memainkan perkembangan yang dijalani karakternya. “Proses pendewasaan Uma sesuai dengan umur aku sih. Sempat nervous tapi excited sama ceritanya. Pasa awal baca ceritanya kaya baca novel,” ungkapnya.

Sementara itu, Karina mengatakan bahwa dirinya lebih melihat fungsi dari karakternya dalam keseluruhan cerita Mangkujiwo. “Dari Mangkujiwo 1, aku masih bertanya-tanya fungsi Karmila, karakterku. Tapi di Mangkujiwo 2 ini jadi lebih ngerti. Di film ini jadi lebih jelas semuanya, termasuk karakter-karakternya,” katanya.

Masih menceritakan tentang sekte Mangkujiwo yang semakin memperlihatkan kekuasaannya, Azhar Kinoi Lubis selaku sutradara memberikan sedikit gambaran bagaimana film Mangkujiwo 2 ini. “Dalam Mangkujiwo 2 ini, ada satu hal yang mau kita sorot, bagaimana sebuah sekte sudah mulai berjaya, visi dan misi mereka sudah terpenuhi. Dan juga dalam Mangkujiwo 2 ini ada penjelasan yang sangat brutal tentang kekejaman dan kejahatan manusia, dimana setan yang paling jahat sekalipun, tidak lebih dan tidak kurang adalah manusia itu sendiri,” tutur Kinoi.

Menimpali penjelasan Kinoi, Amrit Punjabi selaku co-producer Mangkujiwo 2  menjelaskan. “Film ini merupakan perjalanan yang luar biasa sejak debut Mangkujiwo pertama. Dan menyaksikan bagaimana film Mangkujiwo 2 ini berevolusi menjadi film yang tidak hanya horror tetapi juga menyuguhkan elemen elemen kebudayaan dan juga nilai sejarah,” pungkasnya.

Film Mangkujiwo 2 yang telah ditunggu-tunggu akan tayang di seluruh bioskop Indonesia mulai tanggal 26 Januari 2023 mendatang.