Mangkujiwo 2 Lebih Brutal dan Kelam, Ini Kisah Awal Mula Lahirnya Semesta Kuntilanak
Pemain Mangkujiwo 2 (Foto: MPV)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah dua tahun rilis, Mangkujiwo bakal melanjutkan ceritanya di sekuel Mangkujiwo 2. Rumah produksi MVP Pictures mengembangkan Mangkujiwo dalam tiga film Kuntilanak versi Julie Estelle dan Evan Sanders (dirilis tahun 2006 hingga 2008). Dalam film Kuntilanak, Mangkujiwo adalah nama sekte yang kerap disebut.

Masih ingat adegan Sam (Julie) berbincang dengan Yanti, pengelola rumah indekos? Yanti bercerita bahwa rumah indekos itu dulunya pabrik batik bernama Mangkujiwo. Seiring waktu, penonton diajak mengenal sekilas sejarah Mangkujiwo termasuk sekte yang memelihara Kuntilanak sebagai pesugihan.

Sebagai sekte, Mangkujiwo punya banyak pengikut, yang tak tergambar dengan gamblang, bagaimana Mangkujiwo ini terbentuk. Apakah Mangkujiwo ini punya cabang-cabang yang tersebar ke seluruh Jawa? Mangkujiwo 2 ini yang akan memberi jawaban.

Masih dalam arahan Sutradara bertangan dingin Azhar Kinoi Lubis, Mangkujiwo 2 masih diisi oleh ensemble cast dari Mangkujiwo sebelumnya, yakni Sudjiwo Tedjo, Djenar Maesa Ayu, Yasamin Jasem, Karina Suwandi, dan ditambah sejumlah nama yang tidak asing di dunia perfilman, yakni Kiki Narend, Marthino Lio, Widika Sidmore, Yayuk Unru, Prit Timothy.

Rencananya film Mangkujiwo 2 ini akan memulai proses syuting pada bulan September 2022 di tiga kota yakni, Semarang, Yogyakarta dan Solo. Masih bertema dan berlatar belakang pada dekade tahun 70-an, penggarapan Tata Artistik pada film Mangkujiwo 2 dilakukan pendekatan yang sangat serius dan juga sangat detail.

Proses pembuatan naskah cerita juga masih ditulis oleh Dirmawan Hatta ini juga melewati proses yang sangat panjang dan melibatkan orang orang dibalik nama Semesta Kuntilanak. Film Mangkujiwo 2 rencananya siap mengisi layar lebar di permulaan tahun 2023 nanti.

“Film Mangkujiwo 2 kali ini kami buat untuk mengobati rasa rindu para pengikut sekte Mangkujiwo. Para pengikut sekte Mangkujiwo inilah yang membakar semangat kami untuk membuat kelanjutan dari Mangkujiwo. Proses produksi yang kami lakukan dari mulai penulisan cerita dan juga Research and Development film ini sangat kami perhatikan sedetail mungkin," ujar Amrit Punjabi usai syukuran syuting perdana Sabtu, 3 September.

"Ini adalah dunia Mangkujiwo setelah Pengilon Kembar dipersatukan. Mereka menciptakan kekuasaan rahasia yang bekerja dengan kekuatan gelap. Kita berharap pada cinta Uma dan Rimba, tapi mampukah cinta mengalahkan fitnah dan dusta? Di Film Mangkujiwo 2 ini adalah penjelasan brutal atas kekelaman kejahatan manusia, dimana setan yang paling jahat sekalipun, tidak lebih dan tidak kurang ialah manusia itu sendiri," Jelas Azhar Kinoi Lubis.