Review <i>Sakra (2023)</i>: Aksi Fantastis Donnie Yen Penuh Lapisan Cerita
Donnie Yen (XXI)

Bagikan:

JAKARTA - Bukan rahasia baru jika film Tiongkok sering menonjolkan genre aksi di garda terdepan. Salah satunya datang dari Donnie Yen, aktor laga legendaris yang sudah membintangi berbagai film genre aksi.

Donnie Yen menunjukkan kemampuannya sebagai sutradara lewat film terbarunya, Sakra. Tidak hanya itu, ia juga menjadi pemeran utama untuk film yang diadaptasi dari novel berjudul Demi-Gods dan Semi-Devils ini.

Sakra adalah film aksi yang menceritakan pemimpin geng pengemis, Qiao Feng (Donnie Yen) yang dituduh membunuh suami Mrs. Ma (Grace Wong). Alhasil Qiao Feng dikeluarkan dari geng pengemis dan diancam akan meninggal dunia.

Qiao Feng kemudian melakukan perjalanan untuk mencari asal muasal tuduhan yang diarahkan kepadanya.

Sejak awal film bergulir, film ini benar-benar menunjukkan sisi aksi bela diri atau yang sering disebut wuxia. Pada adegan pertama bahkan karakter Qiao Feng sudah dihadapkan dengan biksu di sebuah kedai makan.

Adegan pembuka itu yang menjadi penarik perhatian dan membuat penonton tidak bisa lepas dari adegan. Koreorgrafinya yang apik dengan berbagai sinematografi andalan membuat Sakra tampak memuaskan.

Penggunaan CGI di beberapa adegan cukup bisa diterima. Namun segala hal positif ini belum mampu menutupi alur ceritanya yang terlalu panjang.

Banyak karakter yang masih meninggalkan pertanyaan, kala kemunculannya dalam film juga tidak dijelaskan sehingga penonton tidak merasa terhubung dengan konflik yang dirasakan oleh Qiao Feng. Selain itu durasinya yang panjang (2 jam) belum mampu membungkus segala konflik dalam film ini.

Bagi mereka yang sudah membaca novelnya, mungkin masih bisa mengenali beberapa karakter. Akan tetapi karena cerita ini dibuat dalam format layar lebar tentu cakupannya akan menjadi lebih luas. Sayangnya bahkan penonton awam tidak tahu asal muasal cerita karakter utama, Qiao Feng yang seharusnya menjadi superhero di sini.

Akting para pemain mengagumkan, selain Donnie Yen. Akting A Zhu (Chen Yu Qi), serta pemain lainnya juga memuaskan. Namun rasanya itu tidak cukup membantu menutupi beberapa lapisan cerita yang sudah tersebar.

Sakra menjadi debut penyutradaraan yang cukup dari Donnie Yen. Aksi bela diri yang fantastis bisa menjadi pilihan bagi Anda yang menggemari film wuxia.

Film Sakra bisa disaksikan di bioskop Indonesia mulai 18 Januari 2023.