RIP, Legenda Folk Rock David Crosby Tutup Usia
David Crosby (Instagram @thedavidcrosby)

Bagikan:

JAKARTA - David Crosby, salah satu anggota pendiri The Byrds dan Crosby, Stills & Nash meninggal dunia pada usia 81 tahun.

Istri sang musisi mengonfirmasi berita tersebut dalam sebuah pernyataan yang diberikan kepada Variety.

“Dengan sangat sedih setelah lama sakit, David (Croz) Crosby tercinta telah meninggal dunia," kata sang istri mengawali.

“Dia dengan penuh kasih dikelilingi oleh istri dan belahan jiwanya Jan dan putranya Django. Meskipun dia tidak lagi bersama kami, kemanusiaan dan jiwanya yang baik akan terus membimbing dan menginspirasi kami. Warisannya akan terus hidup melalui musik legendarisnya.”

Dia melanjutkan: “Damai, cinta, dan harmoni bagi semua yang mengenal David dan mereka yang dia sentuh. Kami akan sangat merindukannya. Saat ini, kami dengan hormat dan ramah meminta privasi saat kami berduka dan mencoba untuk mengatasi kehilangan yang sangat besar. Terima kasih atas cinta dan doanya.”

Crosby ikut mendirikan band folk-rock The Byrds bersama rekan bandnya Roger McGuinn, Gene Clark, Chris Hillman dan Michael Clarke pada tahun 1964, setelah tampil di seputaran kedai kopi akustik dan di band lain, termasuk Balladeers Les Baxter.

Diberhentikan sebentar dari The Byrds pada tahun 1967, Crosby kemudian kembali dan bertahan sampai band ini merilis album terakhirnya, The Byrds pada 1973.

Setahun setelah meninggalkan The Byrds, Crosby membentuk Crosby, Stills & Nash dengan Stephen Stills dari Buffalo Springfield dan Graham Nash dari The Hollies. Ketiganya memenangkan Artis Pendatang Baru Terbaik dalam Grammy 1969 setelah perilisan album debut self-titled mereka.

Crosby, Still & Nash tampil dalam pertunjukan kedua mereka di festival Woodstock yang legendaris pada tahun 1969 dan sering kali dilengkapi oleh Neil young di atas panggung, yang kemudian nama belakangnya ditambahkan ke dalam nama band.

Bersama-sama, Crosby, Stills & Nash (dan Young) merilis delapan album studio, termasuk Déjà Vu pada tahun 1970 dan yang terakhir - Looking Forward (1999).

Saat band lengkap tidak bekerja sama, Crosby sering kali masih berkolaborasi dengan Nash. Pasangan ini merilis 'Graham Nash David Crosby', album debut mereka bersama, pada tahun 1972, diikuti oleh tiga lagi selama tahun-tahun berikutnya.