<i>Autobiography</i> dan <i>Nana</i> Masuk Nominasi Asian Film Awards 2023
Kevin Ardilova (Foto: Tangkapan layar)

Bagikan:

JAKARTA - Dua film Indonesia mendapat nominasi dalam penghargaan Asian Film Awards 2023. Sesuai namanya, penghargaan ini dibuat untuk mengapresiasi film yang berasal dari Asia.

Before, Now, and Then (Nana) arahan Kamila Andini memperoleh lima nominasi yaitu Best Actress (Happy Salma), Best Supporting Actress (Laura Basuki), Best Cinematography (Batara Goempar), Best Costume Design (Retno Ratih Damayanti), serta Best Production Design (Vida Sylvia Theresia).

Happy Salma akan bersaing dengan Sylvia Chang, Karena Lam, Tang Wei, dan Baisho Chieko dalam nominasi utama. Begitu juga dengan Laura Basuki yang berhadapan dengan Sakura Ando, Kim So Jin, Tao Yin, dan Yumi Kawai.

Nana menceritakan seorang perempuan di era 1960-an yang memperjuangkan hidupnya setelah ditinggal keluarganya dalam peran. Ia berteman dengan simpanan suaminya dan mencari kemerdekaan mereka.

Selain Nana, film Autobiography arahan Makbul Mubarak juga mendapat nominasi dua kategori untuk film feature perdananya.

Makbul Mubarak masuk ke dalam nominasi Best New Director dan bersaing dengan Saim Sadiq (Joyland), Jigme Trinley (One and Four), Chie Hayakawa (Plan 75), dan Kim Se-in (The Apartment with Two Women).

Namanya juga kembali masuk dalam nominasi Best Screenplay. Lewat nominasi ini, ia bersanding dengan para penulis naskah ternama seperti Chung Seo Kyung dan Park Chan Wook (Decision to Leave), Ryusuke Hamaguchi dan Takasama Oe (Drive My Car), Jiangjiang Liu dan Min Yu (Lighting Up the Stars), dan Lav Diaz (When the Waves Are Gone).

Autobiography mengisahkan seorang anak yang bekerja mengurus rumah kosong milik seorang pensiunan. Kehidupan mengubah sang anak kala melihat perjalanan bapak pensiunan yang mencalonkan diri sebagai bupati di kampungnya. Diketahui film ini belum tayang secara teatrikal di bioskop.

Dalam perhelatan tahun ini, film Decision to Leave mengantongi 10 nominasi disusul dengan Drive My Car yang memperoleh delapan nominasi.

Pihak komite menjelaskan 30 film dari 22 wilayah dan negara terpilih untuk 81 nominasi yang akan memperebutkan 16 penghargaan di Asian Film Awards ke-16.

Adapun acara penghargaan Asian Film Awards 2023 akan diselenggarakan di Hong Kong Palace Museum pada 12 Maret 2023.