Bagikan:

JAKARTA - Film Autobiograpy berhasil meraih penghargaan tertinggi, Golden Hanoman Award dalam Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) 2022. Film yang disutradarai Makbul Mubarak itu baru ditampilkan dalam ajang festival film, sehingga menjadi salah satu film yang paling diantisipasi tahun 2023.

Selain di JAFF 2022, Autobigraphy juga meraih penghargaan dalam dua festival internasional lain yang dihelat di Asia Tenggara, yaitu Best Film dan Best Director pada festival film QCinema Philippines 2022 serta Silver Screen Award Best Film pada Singapore International Film Festival 2022.

Sementara pada tahap nasional, Autobiography dinominasikan dalam tujuh kategori di Festival Film Indonesia 2022, dimana Makbul Mubarak berhasil memenangkan kategori Penulis Naskah Asli Terbaik.

Tidak cukup sampai di situ, Autobiography juga telah menjelajah lebih dari 20 festival film di seluruh dunia. Beberapa penghargaan yang diterima sebelumnya antara lain, The International Critics Prize for Best Film in Orizzonti from the International Federation of Film Critics (FIPRESCI) di Venice Film Festival 2022, Feature Fiction Award Winner di Adelaide Film Festival Winner 2022, Grand Prize Winner di TOKYO FILMeX International Film Festival 2022, Best Screenplay di Asia Pacific Screen Awards 2022, NETPAC Award di Taipei Golden Horse Film Festival 2022, dan masih ada beberapa penghargaan bergengsi lainnya.

Film Autobiography sendiri bercerita tentang sosok Rakib (Kevin Ardilova) dengan ayahnya yang mendekam di penjara dan saudara laki-lakinya yang pergi di luar negeri untuk bekerja. Rakib bekerja sebagai pengurus rumah tangga di sebuah rumah kosong milik Purna (Arswendy Bening Swara), seorang purnawirawan jenderal yang klan keluarganya telah mengabdi selama berabad-abad di sebuah kota pedesaan di Indonesia.

Setelah Purna kembali ke rumah untuk memulai kampanye pemilihan Bupati, Rakib terikat dengan lelaki tua yang telah menjadi mentor dekat dan figur ayah baginya itu, ia pun menemukan panggilannya sebagai asisten Purna dalam pekerjaan dan kehidupan. Ketika poster kampanye Purna ditemukan dirusak suatu hari, Rakib tanpa ragu mencoba melacak pelakunya, dan memicu rantai kekerasan yang meningkat lebih tinggi.

Film panjang pertama sutradara dan penulis skenario Makbul Mubarak ini dibintangi oleh Kevin Ardilova, Arswendy Bening Swara, Lukman Sardi, Yusuf Mahardika, Rukman Rosadi, Yudi Ahmad Tajudin, Haru Sandra, dan Alm. Gunawan Maryanto. Penasaran? Film Autobiography di bioskop Indonesia pada awal tahun 2023.