Daftar Lengkap Nominasi Asian Film Awards, Ada Dua Film Indonesia yang Masuk
Film Before, Now & Then (Nana)

Bagikan:

JAKARTA - Ajang pengharagaan Asian Film Awards yang akan digelar Maret mendatang. Nominasinya baru saja diumumkan Jumat, 6 Januari. Film roman noir Korea, Decision to Leave karya sutradara Park Chan-wook mengumpulkan nominasi paling banyak.

Film tersebut mendapat total sepuluh nominasi, dua di antaranya termasuk kategori film terbaik dan sutradara terbaik. Dalam kategori film terbaik, Decision to Leave akan bersaing dengan empat film lainnya yaitu Drive My Car (Jepang), Poet (Kazakhstan), Ponniyin Selvan: Part I (India), dan When the Waves Are Gone (Filipina, Prancis, Portugal, Denmark).

“Academy senang melihat pemulihan industri film Asia secara bertahap, yang telah membawa lebih banyak potensi untuk kolaborasi lintas wilayah. Saya yakin AFAA terus menawarkan platform unik untuk menyatukan semua talenta terkemuka di industri film Asia," kata Ketua Asian Film Awards Academy (AFAA) Wilfred Wong Ying-wai dikutip dari ANTARA.

Sementara itu, film Drive My Car karya sutradara Ryusuke Hamaguchi menempati urutan kedua dengan menerima total delapan nominasi, termasuk kategori film terbaik, sutradara terbaik, dan aktor terbaik.

Menurut pihak penyelenggara, sebanyak 30 film dari 22 wilayah dan negara telah terpilih untuk 81 nominasi untuk memperebutkan 16 penghargaan di ajang Asian Film Awards ke-16. Sutradara asal China Zhang Yimou didapuk sebagai ketua juri.

Karya dari Indonesia juga berhasil mendapat nominasi dalam ajang tersebut, salah satunya yaitu Autobiography dengan Makbul Mubarak dinominasikan sebagai sutradara baru terbaik dan screenplay terbaik.

Ada pula film Before, Now & Then yang mengumpulkan lima nominasi. Happy Salma dan Laura Basuki masing-masing masuk nominasi aktris terbaik dan aktris pendukung terbaik. Film garapan Kamila Andini itu juga mendapat nominasi kategori sinematografi terbaik, desain produksi terbaik, dan desain kostum terbaik.

Setelah sempat digelar di Busan, Korea Selatan, Asian Film Awards akan kembali diselenggarakan di Hong Kong pada tahun ini. Malam penghargaan diadakan pada 12 Maret 2023, bertempat di Auditorium Klub Joki Hong Kong di Museum Istana Hong Kong.