Kaleidoskop 2022: 5 Debut Grup K-pop yang Curi Perhatian di Tahun Ini
NewJeans (ADOR)

Bagikan:

JAKARTA - Dunia K-pop semakin berkembang dari tahun ke tahun. Semakin banyak jalan untuk menghadirkan grup baru, juga semakin banyak rilisan musik yang dirilis setiap tahunnya.

Bukan hal yang salah, namun ini mengukuhkan K-pop yang mendominasi belantika musik dunia. Selain BTS dan BLACKPINK, banyak grup yang meraih atensi internasional meski mereka bukan datang dari agensi besar.

Di antara sederet nama, tahun ini ada lima grup yang memulai debut dan mencuri perhatian lewat musik yang mereka hadirkan. Simak di sini:

ATBO

ATBO adalah grup K-pop terbaru yang diprakarsai IST Entertainment. Namanya memiliki singkatan dari At The Beginning of Originality yang bermakan dimulainya sebuah mimpi. Mereka resmi debut dengan lagu Monochrome (Color) pada 27 Juli 2022. Video musiknya sudah ditonton lebih dari 21 juta kali.

NMIXX

Pada akhir 2021, agensi membuka penjualan Blind Package untuk album terbaru dari grup wanita yang debut di tahun 2022. JYP mengungkap Jinni (keluar pada bulan ini), Jiwoo, Kyujin, Sullyoon, Bae, Haewon, dan Lily sebagai anggota NMIXX.

Debut NMIXX, O.O pada 22 Februari mendapat pro kontra ketika pertama kali dirilis. Tabrak antar genre dalam lagu-lagu NMIXX dinilai tidak cocok. Namun kritikan itu mulai sirna ketika NMIXX merilis single Dice yang semakin menonjolkan kemampuan vokal para member.

Kep1er

Kep1er adalah grup pemenang kompetisi Girls Planet pada tahun 2021. Seperti NMIXX, debut mereka yaitu Wa Da Da mendapat kritikan tajam dari publik. Apalagi ketika dirilis, lagu ini tidak menempati peringkat teratas seperti debut lainnya.

Terlepas dari itu, nama Kep1er disebut sebagai grup yang paling banyak disebut di TikTok, begitu juga lagu mereka yang populer di Spotify. Dalam 11 bulan, video musik Wa Da Da sudah ditonton 144 juta penggemar.

LE SSERAFIM

LE SSERAFIM hadir seperti paket komplit. Debut mereka, FEARLESS yang mengukuhkan nama grup (LE SSERAFIM bermakna terbalik I’M FEARLESS) membuat grup naungan HYBE LABELS ini tidak bisa dilewatkan.

Hal ini ditambah kekuatan setiap individu: Sakura, Chaewon, Huh Yunjin, Kazuha, Eunchae yang memiliki karisma masing-masing. Perkembangan grup ini semakin terasa ketika mereka merilis single terbaru, ANTIFRAGILE.

NewJeans

Kehadiran NewJeans adalah sesuatu yang segar, pionir, sekaligus mengesankan. Mulai dari konsep, debut, hingga promosi, bisa dibilang NewJeans menggeser sistem K-pop yang sudah berdiri sejak lama. Debut dengan Attention, merilis video dengan cerita bersambung lewat Hype Boy, ditambah koreografi dengan Cookie - NewJeans menguasai pasar musik saat ini.

Baru-baru ini, mereka memperoleh All Kill karena lagu terbaru mereka, Ditto menempati peringkat pertama di seluruh tangga musik Korea Selatan. Tahun 2022 baru jadi permulaan dari karier NewJeans yang cemerlang.