Kontrak Bermasalah, Chuu eks LOONA Akui Tak Percaya Agensi Sejak Lama
Chuu (Instagram @chuuo3o)

Bagikan:

JAKARTA - Konflik Chuu dengan mantan agensinya, BlockBerry Creative (BBC) memasuki babak baru. Kali ini laporan datang dari Dispatch yang mengungkap awal mula permasalahan antara anggota LOONA itu dengan agensinya.

Ketika Chuu menandatangani kontrak pada Desember 2017, mereka bersepakat untuk membagi seluruh penghasilan aktivitas Chuu di dunia hiburan dengan rasio 7:3. Perusahaan akan mendapat 70 persen sementara Chuu dengan 30 persen.

Di sisi lain, pengeluaran Chuu untuk aktivitas solonya akan dibagi menjadi dua. BBC juga menerapkan sistem pembagian pendapatan kemudian menyelesaikan pengeluaran utang. Para member LOONA masih memiliki utang karena menutupi pengeluaran BBC.

Namun berbeda dengan Chuu yang sukses mengukir namanya di dunia variety show. Dispatch menyebut Chuu seharusnya mengantongi 200 juta won karena sudah menyelesaikan utangnya. Akan tetapi ia tidak puas dengan rasio pembayaran dengan agensi dan mengajukan penangguhan kontrak pada Januari tahun ini.

Memenangkan pengadilan, Chuu bisa melanjutkan aktivitas dan menerima semua keuntungan dari aktivitasnya sebagai individu. Ia juga hanya membagi penghasilannya ketika beraktivitas bersama LOONA.

Selain itu Chuu juga berhak untuk tidak berpartisipasi serta mengakhiri kontrak kapan saja. Masalah dimulai pada 9 Juni lalu.

Chuu terlihat membocorkan sedikit koreografi untuk comeback LOONA dalam sesi video dengan penggemar. Staf BBC “A” kemudian mengirim pesan kepada ibu Chuu dan berkata, “Koreografi itu belum bisa ditampilkan. Apa yang harus kita lakukan?”

Ibu Chuu meneruskan pesan staf kepada Chuu. Sang artis pun membalas kepada staf BBC “B” lain dan bertanya, “Hanya ini hahahahaha berbicara satu detik spoiler?” dan memutuskan tidak akan bergabung dalam comeback Flip That.

Dalam pernyataannya, agensi BBC menyebut alasan Chuu dikeluarkan dari grup karena sikap abusif kepada salah satu staf agensi. Chuu merespons bahwa ia yakin agensi menyangka percakapan ini yang menjadi penyebab karena nada pesannya.

“Staf agensi B adalah satu-satunya orang di perusahaan yang saya bisa berkomunikasi. Saya tidak marah dengan B. saya mengeluh bagaimana perusahaan itu beroperasi,” kata Chuu kepada Dispatch.

Chuu juga merilis rekaman suara dengan salah satu staf dari BBC pada tahun 2021. Saat itu, staf ini terdengar merendahkan Chuu ketika hendak mengurus kontrak eksklusif. Ia bertanya, “Kamu lulusan sekolah dasar kan?”

“Staf itu memperlakukan saya seperti anak kecil. Saya rasa mereka meremehkan saya. Rasa tidak percaya saya mulai bangun saat itu, karena saya sakit hati. Saya pikir saya harus tegas agar mereka mendengarkan saya. Jadi ada saat ketika saya bicara dengan nada lantang. Saya juga manusia, jadi saya membuat kesalahan,” jelas Chuu.

“Kepercayaan saya kepada agensi sudah berakhir sejak tahun lalu. Saya bahkan tidak mau berpartisipasi di Queendom (kompetisi antar grup) tapi saya juga gak mau menyerah dengan LOONA. Saya menandatangani perjanjian kontrak untuk melanjutkan aktivitas grup,” kata Chuu.

Terkait