Mengenal Makna <i>Tanam Rikmo</i>, Ritual Potong Rambut yang Dilakukan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Usai Upacara Siraman
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono (Instagram/@kaesangp)

Bagikan:

JAKARTA - Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan dilangsungkan besok hari pada Sabtu, 10 Desember 2022. Hari ini, 9 Desember 2022 kedua calon pengantin melaksanakan prosesi siraman. Dalam pernikahan adat jawa, orang yang menyiram harus berjumlah ganjil antara tujuh sampai sembilan orang. Dan yang melakukannya adalah orang yang sudah menikah. Seusai itu, mempelai wanita dibopong oleh ayah menuju kamar pengantin untuk selanjutnya melakukan ritual tanam rikmo atau potong rambut.

Ilustrasi Tanam Rikmo (Instagram/@winona_amanda)

Tidak hanya dilakukan oleh mempelai wanita, calon pengantin pria pun wajib melakukan tanam rikmo. Tanam rikmo bertujuan mengubur semua hal buruk sehingga nantinya mendapat kebaikan dalam berumah tangga. Selain itu, ritual ini juga dimaksudkan agar kedua mempelai saat berumah tangga kelak bisa berpikiran jernih dalam menyelesaikan segala masalah. Lalu dijauhkan dari sifat jelek, pertanda memasuki sifat dewasa, dan memiliki sikap keberanian. Nantinya, potongan rambut kedua mempelai akan disatukan dalam sebuah wadah emas lalu dikubur di halaman samping atau belakang rumah. 

Seperti diberitakan, potongan rikmo atau rambut Kaesang Pangarep yang dibawa dari Solo sudah tiba di Yogyakarta tepatnya di kediaman Erina. Penyerahan potongan rikmo Kaesang pun dilakukan dengan upacara seserahan sederhana. Lalu, ibunda Erina, Sofiatun Gudono beserta kakak dan adik Erina akan menanam rambut ini di halaman rumah.