Besok Menikah dengan Kaesang Pangarep, Erina Gudono Langsungkan Prosesi Cethik Geni dan Siraman
Erina Gudono Memohon Restu sebelum siraman (Ivan Two/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Sebelum melangsungkan akad nikah besok, Sabtu, 10 Desember di Royal Ambarrukmo Plaza, kedua mempelai, Erina Gudono dan Kaesang Pangarep melangsungkan prosesi siraman di dua tempat berbeda.

Mempelai wanita, Erina Gudono melangsungkan prosesi siraman di rumah keluarganya yang berlokasi di Jalan Lombok, Purwosari, Desa Sinduadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Yogyakarta pada pukul 9.00 WIB. Sementara itu Kaesang Pangarep melangsungkan prosesi siraman di rumahnya yang berada di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo.

Siraman sendiri merupakan salah satu prosesi adat yang harus dilalui Erina sebelum menikah, yang mana merupakan simbol untuk membersihkan diri kedua pengantin dari hal negatif, sehingga dapat memasuki gerbang pernikahan dengan keadaan yang suci.

Sebelum prosesi siraman, Erina Gudono nampak terlebih dahulu melangsungkan prosesi Cethik Geni. Erina juga sungkem kepada ibunya, Sofiatun Gudono sebelum melakukan siraman.

Pada acara pengajian kemarin di kediaman keluarga Erina, air untuk ptosesi siraman hari ini telah didoakan terlebih dahulu. "Di situ ngaji itu ada air yang untuk siraman, didoakan, mudah-mudahan semuanya barokah, aman. Air untuk siraman, separuh dikirim ke Solo, separuh untuk Erina di sini setelah dicampur dari beberapa sumber," kata Abdul Muhaimin selaku perwakilan keluarga Erina saat ditemui di Desa Sindudadi, Sleman.

Air yang digunakan oleh Erina Gudono merupakan air yang berasal dari 7 sumber. Ketujuh sumber tersebut berasal dari Masjid Agung Mangkunegaran Al-Wustho, Masjid Agung Kasunanan Surakarta, Pura Mangkunegaran, Keraton Surakarta, Umbul Pengging di Boyolali, air yang diambil dari sumur rumah nenek Kaesang dan air dari rumah pribadi Presiden Jokowi.

Setelah prosesi siraman, Erina akan menjalani prosesi midodareni pada malam harinya. Pada momen ini, Presiden Jokowi akan hadir ke kediaman keluarga Erina Gudono di Sleman.