Sungkem, Kaesang Pangarep Minta Restu Jokowi untuk Prosesi Siraman Sebelum Menikahi Erina Gudono
Kaesang Pangarep (Tangkapan Layar)

Bagikan:

JAKARTA - Putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep menjalani prosesi siraman pada Jumat, 9 Desember pagi. Bersamaan dengan Erina Gudono yang melangsungkan siraman di Sleman, Yogyakarta, Kaesang menjalani prosesi siraman di kediaman keluarga Jokowi di Sumber, Solo.

Sebelum siraman, Jokowi terlebih dahulu memasang bleketepe di kediamannya. Kemudian sekitar pukul 8 15 WIB, Kaesang bersimpuh di hadapan Jokowi dan Iriana untuk melakukan sungkem. Tampak pula mengiringi keluarga kedua kakak Kaesang, yakni keluarga Gibran Rakabuming Raka dan keluarga Kahiyang Ayu.

Prosesi siraman pun dimulai dengan diawali oleh penerimaan air dari tujuh sumber mata air dari calon pengantin wanita yang diterima oleh Gibran selaku perwakilan keluarga. Air yang digunakan merupakan air yang berasal dari 7 sumber. Ketujuh sumber tersebut berasal dari Masjid Agung Mangkunegaran Al-Wustho, Masjid Agung Kasunanan Surakarta, Pura Mangkunegaran, Keraton Surakarta, Umbul Pengging di Boyolali, air yang diambil dari sumur rumah nenek Kaesang dan air dari rumah pribadi Presiden Jokowi.

Jokowi didampingi Iriana kemudian memberikan siraman pertama kepada Kaesang. Tampak sejumlah tamu dan keluarga turut memberikan siraman dan doa restu, diantaranya Prof. Mahfud Md., Luhut Binsar Pandjaitan, Retno Marsudi, Hadi Tjahjanto, Idong Setyo Husodo, Gibran Rakabuming, dan Bobby Nasution.

Selepas siraman, Jokowi kemudian memotong rambut Kaesang, dan dilanjutkan dengan prosesi menggendong Kaesang. Jokowi juga memberikan suapan terakhir kepada Kaesang Pangarep yang sekaligus mengakhiri rangkaian prosesi siraman.

Setelah menjalani prosesi siraman anak bungsunya, Jokowi akan pergi ke kediaman calon menantunya di Sleman untuk menghadiri prosesi midodareni Erina. Selanjutnya, Kaesang dan Erina akan melakukan akad nikah di Royal Ambarrukmo Yogyakarta pada Sabtu, 10 Desember, dilanjutkan ngunduh mantu dan tasyukuran di Solo pada Minggu, 11 Desember.