Efek KB Suntik 3 Bulan: Kalau Tak Cocok Jangan Dipaksa Daripada Menyesal!
Efek KB Suntik 3 Bulan (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Ada beragam variasi alat kontrasepsi yang dapat diterapkan untuk membendung terjadinya pembuahan dalam rahim sampai menyebabkan kehamilan. Terkecuali kondom, pil KB, spiral atau IUD, ada pula yang diketahui dengan suntikan kontrasepsi. Lalu apakah efek kb suntik 3 bulan itu?

Menurut sumber, suntikan kontrasepsi atau yang lebih akrab disebut KB suntik di Indonesia, adalah suntikan yang mengandung hormon. Ada yang mengandung progestin saja, ataupun progestin dan estrogen dalam satu ampul.

Ada dua tipe KB suntik yang dipakai di Indonesia. Anda dapat membutuhkan satu kali suntikan tiap bulan, atau ada juga KB suntik 3 bulan. Sama seperti alat kontrasepsi pada biasanya, KB suntik juga punya efek samping. Tidak cuma KB suntik 1 bulan, efek KB suntik 3 bulan bahkan kadang tidak terhindarkan.

Mengetahui lebih dalam perihal KB suntik 3 bulan, cara ini memakai single hormon yang berisi DMPA atau medrocyprgesterine acetate 150 mg. Hormon dalam KB suntik ini merupakan progestin yang tentunya aman diterapkan dalam masa menyusui. KB suntik 3 bulan ini tak akan memengaruhi produksi ASI.

Efek KB Suntik 3 Bulan

Jenis Alat Kontrasepsi (Freepik)
Jenis Alat Kontrasepsi (Freepik)

Haid tak teratur

Dapat jadi Anda akan mengalami haid yang lebih berat, lebih pendek waktunya, atau yang lebih ringan dan malahan dapat stop sama sekali.

Penambahan berat badan

Obat yang disuntikkan dalam KB ini mempunyai efek membendung cairan di dalam sel, sehingga bikin berat badan bertambah.

Efek secara jasmani

Bagi sebagian bunda, efek KB suntik 3 bulan ataupun 1 bulan dapat jadi menyebabkan sakit kepala. Tak cuma itu, kadang ada juga yang menikmati nyeri payudara seperti saat memasuki haid.

Butuh waktu 1 tahun hingga kesuburan kembali normal

Maka, KB suntik 3 bulan ataupun 1 bulan memang tak sesuai untuk bunda yang mau mempunyai bayi lagi dalam waktu dekat.

Tak melindungi dari infeksi menular seksual

Dengan seperti itu, karenanya masih perlu menerapkan kondom apabila takut terjadi penyakit menular seksual. Tapi kalau Bundan dan ayah merupakan pasangan yang loyal, kemungkinan akan benar-benar kecil tertular infeksi ini.

Tak cuma beberapa efek KB suntik yang disebut di atas, cara ini juga dapat memunculkan efek pada kesehatan sebab hormon estrogen yang disuntikkan ke dalam tubuh. Hormon ini bisa menyebabkan kanker indung telor, payudara, atau rahim.

Dan yang perlu diingat, tak semua wanita dapat memakai KB suntik ini. Apabila Bunda berusia di atas 35 tahun dan berisiko osteoporosis, tak dianjurkan untuk memakai KB suntik 3 bulan ataupun 1 bulan.

Kelebihan KB Suntik

Selain efek samping tentu saja ada benefit yang didapatkan dari pemilihan penerapan KB suntik, termasuk sekiranya Bunda memilih KB suntik 3 bulan. Diinfokan dari situs NHS, berikut ini sebagian kelebihan KB suntik yang dapat Bunda temukan:

  • Sekiranya dipakai dengan benar, KB suntik dapat lebih dari 99 persen tepat sasaran.
  • Efektivitas KB suntik berlangsung selama 8 sampai 13 pekan, tergantung suntikan variasi mana yang Anda gunakan.
  • Tidak perlu memikirkan memasang alat kontrasepsi tiap hari atau tiap kali terkait seks, selama jangka waktu tepat sasaran KB suntik.
  • Sesuai untuk Wanita yang sulit ingat untuk minum pil tiap harinya.

Jadi setelah mengetahui efek kb suntik 3 bulan, Simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!