Bagikan:

YOGYAKARTA - Salah satu metode kontrasepsi yang banyak dipilih untuk menunda punya momongan adalah dengan menjalani KB suntik 3 bulan. Setelah menghentikan KB ini, istri bisa segera hamil. Banyak wanita yang bertanya-tanya seperti apa tanda-tanda hamil setelah lepas KB 3 bulan?

Jika pasangan sudah siap menjalani program kehamilan, maka sudah saatnya untuk menghentikan program KB. Tidak semudah yang diharapkan, beberapa wanita tidak langsung merasakan gejala-gejala kehamilan begitu melepas KB 3 bulan. 

Proses atau masa pra kehamilan pada tiap wanita bisa berbeda-beda setelah menghentikan KB. Sebagian wanita mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk bisa hamil. Bagi Anda dan pasangan yang ingin segera punya momongan, maka perlu memahami tanda-tanda hamil setelah lepas KB 3 bulan dan periode menstruasinya. 

Kemungkinan Hamil setelah Melepas KB 3 Bulan

Setiap wanita bisa memiliki masa waktu yang berbeda-beda untuk mendapatkan kehamilan setelah melepas suntik KB 3 bulan. Pada beberapa wanita, kehamilan setelah berhenti KB mungkin membutuhkan waktu sekitar 6 hingga 18 bulan sejak suntikan terakhir. Sekitar 50% orang yang menghentikan penggunaan KB suntik akan hamil dalam kurun waktu 10 bulan. 

Walaupun demikian, kemungkinan untuk hamil dalam 4 bulan setelah suntikan terakhir tetap ada. Meskipun kemungkinannya kecil, beberapa wanita bisa mengalami proses kehamilan dalam 4 bulan setelah menghentikan KB.

Lamanya waktu yang dibutuhkan untuk kembali subur dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti usia, berat badan, dan dosis suntikan. Rata-rata waktu untuk bisa hamil lagi adalah sekitar 170 hari (5-6 bulan) untuk dosis 45 mg dan 226 hari (lebih dari 7 bulan) untuk dosis 75 mg.

Tanda-Tanda Hamil setelah Lepas KB 3 Bulan

Wanita perlu memperhatikan tanda-tanda kehamilan yang mungkin muncul setelah berhenti menggunakan suntik KB 3 bulan. Tanda yang paling akurat bisa dilihat melalui tes kehamilan positif dan hasil USG yang menunjukkan adanya denyut jantung janin. 

Namun untuk mengetahui apakah tes kehamilan positif, Anda harus menunggu hingga terlambat haid. Masalahnya, sebagian wanita yang menggunakan suntik KB 3 bulan tidak memiliki siklus menstruasi yang teratur. Bahkan ada yang tidak mengalami menstruasi sama sekali, yang seringkali membuat bingung. 

Sebagai acuan, para wanita bisa memperhatikan beberapa tanda kehamilan lain yang biasanya muncul dalam 3 minggu pertama sebelum haid diperkirakan datang.

Selain tanda-tanda seperti yang sudah disampaikan di atas, terdapat beberapa gejala lain yang bisa menunjukkan seorang wanita mengalami kehamilan. Berikut ini gejala-gejala kehamilan yang perlu diketahui oleh setiap wanita:

  • Perubahan emosional: Kondisi hormon yang berubah bisa mempengaruhi suasana hati. Kondisi ini terkadang membuat wanita lebih emosional atau mudah tersinggung.
  • Kenaikan berat badan: Berat badan wanita bisa meningkat karena adanya pertumbuhan janin dalam kandungan dan perubahan hormon ketika masa kehamilan.
  • Perubahan pada kulit: Kondisi kehamilan juga menyebabkan perubahan kulit pada wanita, seperti berjerawat atau warnanya sedikit menggelap.
  • Perubahan pada sistem pencernaan: Kondisi kehamilan juga bisa membuat wanita mengalami gangguan pencernaan, seperti sembelit dan kembung.

Siklus Haid setelah Berhenti KB 3 Bulan

Keterlambatan atau ketidakteraturan haid setelah berhenti menggunakan KB adalah hal yang wajar. Salah satu efek dari suntik KB 3 bulan adalah menyebabkan siklus haid menjadi tidak teratur, di mana menstruasi bisa datang lebih awal atau justru terlambat. 

Butuh beberapa bulan agar siklus menstruasi kembali normal. Namun jika Anda berencana untuk hamil setelah berhenti menggunakan suntik KB, sangat mungkin kehamilan terjadi bahkan sebelum siklus menstruasi kembali.

Demikianlah ulasan mengenai tanda-tanda hamil setelah lepas KB 3 bulan. Bagi wanita yang sudah menghentikan KB dan ingin punya momongan, gejala-gejala di atas bisa menunjukkan terjadinya kehamilan. Baca juga tanda-tanda hamil muda yang dialami wanita.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.