Bagikan:

JAKARTA - Menyiram halaman rumah pada waktu yang salah akan membuang-buang air dan dapat mengeringkan rumput.  Melansir Southern Living, Jumat, 14 Oktober, waktu terbaik menyirami halaman rumah adalah saat hari-hari dingin ketika angin sepoi-sepoi. Selain itu, jenis rumput yang ditanam dan karakteristik halaman juga dapat mempengaruhi waktu menyirami halaman. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan saat menyiram halaman rumah. 

Waktu Terbaik untuk Menyirami Halaman Berumput

Terlepas dari jenis rumput yang Anda tanam, waktu terbaik menyiram halaman adalah pagi hari sebelum cuaca panas. Pasalnya, Anda memberi waktu bagi akar untuk menyerap air dengan sempurna. Penyiraman di pagi hari juga membuat halaman lebih sejuk sehingga rumput pun tidak terlalu mengalami stres.

Jika tidak bisa dilakukan saat pagi, sore hari antara jam 4 dan 6 sore pun jadi waktu yang tepat untuk menyiram halaman. Hindari menyiram di malam hari sebab rumput yang basah sepanjang malam merupakan tempat berkembang biak yang sempurna bagi jamur.

Ingat juga bahwa Anda tidak selalu harus menyiram halaman Anda. Rumput punya karakteristik yang tangguh. Halaman berumput yang sehat dan dirawat dengan baik bisa bertahan beberapa waktu tanpa air. Meski berubah warna cokelat, rumput akan kembali menghijau jika diguyur hujan.

Berapa Lama Waktu Menyiram Halaman?

Banyak orang berpendapat kalau 15 menit merupakan waktu yang diperlukan untuk menyiram halaman. Pendapat ini salah. Anda disarankan menyiram selama mungkin sampai 6 hingga 8 inci tanah bagian atas benar-benar basah.

Sebagian besar halaman berumput membutuhkan 1 hingga 1,5 inci air per minggu, baik dari hujan atau penyiraman, untuk merendam tanah sedalam itu. Anda dapat menetapkan jumlah air untuk sekali penyiraman atau dibagi menjadi dua kali waktu penyiraman selama seminggu untuk memenuhi kebutuhan air.

Bagaimana Mengenali Halaman yang Disirami Sudah Cukup Air

Ambil obeng, meteran, dan cat.  Tandai titik 6 inci pada obeng dengan cat. Untuk melihat berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk merendam tanah. Masukkan obeng ke dalam tanah setiap 15 menit untuk menguji seberapa dalam air telah membasahi tanah.

Tandai waktu setelah tanah direndam hingga tanda 6 inci. Itulah patokan berapa lama Anda perlu menyirami halaman. Jika ingin tahu apakah Anda perlu menyiram halaman atau tidak, cukup lihat dari obeng. Jika obeng susah ditancapkan ke tanah, itu artinya Anda perlu menyiram halaman, Jika mudah dimasukkan, maka tak perlu terburu-buru membasahi halaman.

Kecepatan Angin 

Penyiraman pada hari-hari berangin dapat meningkatkan laju penguapan air irigasi sebelum meresap ke dalam tanah. Pada pagi hari, kecepatan angin umumnya lebih rendah. Maka itu, menyiram halaman rumah pada pagi hari dapat membantu mengurangi jumlah air yang hilang karena penguapan dan jumlah air yang dibutuhkan untuk mengairi rumput.